Telah diakui bahwa Film Titanic berhasil membuat masyarakat luas tahu mengenai tragedi kapal Titanic di Samudera Atlantik di tahun 1912. Tetapi mungkin masih kurang yang ahu tentang tempat kapal besar itu dirancang. Proses desain dan konstruksi kapal Titanic dilakukan pada sebuah kantor yang bernama Harland & Wolf di Queens Road Kota Belfast Inggris.

Kenyataannya, tempat itu sekarang ini berubah menjadi sebuah hotel mewah dengan nama ‘Titanic Hotel’. diperlukan waktu dua tahun dan biaya sekitar 28 juta pounsterling setara dengan Rp 502 M untuk merestorasi bangunan itu menjadi hotel yang mewah dengan 199 kamar tidur. Ruang gambar tempat rancangan kapal Titanic dibuat sekarang ini sudah menjadi bar hotel serta ballroom.

Tetapi terdapat juga beberapa bagian yang tak direnovasi. Misalnya bagian Telephone Exchange yang dulunya menjadi tempat diterimanya kabar Titanic menabrak gunung es. Walau aslinya adalah gedung tua, kamar-kamar di hotel ini difasilitasi dengan sangat baik dan mewah. Pembuatan hotel yang sudah buka sejak awal September tahun ini dibuat lewat kerjasama dengan Titanic Foudation.

Pengembang hotel ini melibatkan 230 pekerja dalam mengontruksi hotel. Seusai rampung dan beroperasi, hotel ini membuat setidaknya 75 posisi kerja yang permanen. Dilihat dari segi ekonomi, hotel ini diharapkan mampu menarik banyak pengunjung dunia jadi dapat berdampak pada peningkatan ekonomi di Kota Belfast.

 
Keywords : hotel unik,hotel kapal,hotel titanic