Microsoft baru-baru ini meluncurkan aplikasi smartphone yang jauh lebih ambisius dari sebelumnya. Aplikasi ini adalah software perkantoran yang bakal membantu orang yang buta untuk melihat sesuatu.

Aplikasi ‘Seeing AI’ yang sudah tersedia untuk iOS bisa membaca cuplikan teks yang singkat, menggambarkan orang, denominasi mata uang, mengidentifikasi produk, dan mengambil stab untuk mengidentifikasi benda-benda yang ada dilingkungan seseorang.

Aplikasi ini bergantung di kamera iPhone, didukung oleh algoritma machine learning dan image-recognition Microsoft. Tetapi perusahaan tidak menyebutkan apakah aplikasi ini bakal diluncurkan untuk perangkat selain iOS, seperti Android.

Seeing AI, diusung dari proyek penelitian Microsoft yang sedang mengembangkan tools itu. Microsoft mengungkapkan usahanya di tahun lalu dalam acara Buildnya, yang memperlihatkan bagaimana pengembangan versi yang lebih maju bisa membantu Saqib Shaikh yang merupakan insinyur Microsoft yang telah kehilangan penglihatannya pada usia 7 tahun.

Aplikasi ini ada di Amerika Serikat, Hong Kong, dan Kanada. Seeing AI bergabung dengan sedikit aplikasi yang didesain untuk membantu orang penyandang tuna netra. Sebagian besar lainnya diberikan untuk satu tugas, misalnya mengenali warna dan membaca teks dengan suara keras. 

 
Keywords : microsoft,aplikasi terbaru microsoft,teknologi microsoft,microsoft seeing ai