Smart home memberikan peringatan pada pihak kepolisian untuk mendatangi kediaman di New Mexico pada awal minggu ini. Hal itu bermula ketika Eduardo Barros tengah duduk bersama dengan kekasihnya dan putrinya di sebuah tempat tinggal di Tijeras pada Minggu malam.

Deputy Felicia Romero selaku jubir Bernalillo County Sheriff Department mengungkapkan bahwa pasangat itu bertengkar sampai sampai berujung pada kekerasan.

Barros memakai senjata api dan mengancam bakal membunuh kekasihnya. Tetapi smart speaker yang terhubung ke sistem suara mengenali suara yang ada disekitar dalam rumah dan mengeluarkan perintah untuk menelpon 911.

Deputi sampai ditempat kejadian dan bisa menyingkirkan perempuan dan putrinya dari tempat kejadian. Perempuan itu menderita luka karena pertengkaran tetapi tak dibawa ke rumah sakit. Sedangka putrinya, tidak mengalami luka.

Tim negosiasi dan juga tim SWAT dikirim ke rumah dan dapat membawa Barros ke tahanan sesudah berdiam diri selama berjam-jam. Pihak berwajib menyatakan bahwa perangkat cerdas itu memiliki potensi memainkan peran dalam menyelamatkan nyawa pada insiden tersebut.

Barros harus menghadapi tuntutan tuduhan mempunyai senjata api dan diperparah dengan serangan pada anggot rumah tangga.

 
Keywords : smart speaker,gadget smart speaker