Google pada hari senin 10 July 2017 merayakan hari ulang tahun ke 293 Eva Ekblad lewat sebuah coretan yang dinamai ‘Doodle’. Pengguna mesin pencari tersebut bakal menemukan sebuah gambar talenan dengan irisan kentang dan tepung yang berada diatasnya membentuk huruf Google.

Eva Ekeblad adalah ilmuwan asal Swedia yang mempublikasikan tepung yang terbuat dari kentang. Karena penemuannya tersebut, Eva berhasil membantu mengurangi krisis kelaparan di tengah masyarakat.

Eva yang juga merupakan seorang bangsawan memperkenalkan bahan inti yaitu kentang pada masyarakat Swedia pada tahun 1658. Ketika itu ia membudidayakannya di rumah kacanya sendiri. Sejak adanya tambahan makanan pokok  tersebut, pasokan gandum, selai untuk roti, gandum hitam pun semakin meningkat.

Bukan hanya mengolah tepung menjadi kentang, Eva juga menciptakan alkohol yang berasal dari kentang. Ia juga menemukan metode cara memutihkan tekstil kapas dengan sabun di tahun 1751.

Eva juga berhasil mengganti bahan berbahaya dalam kosmetik dengan memakai bunga kentang di tahun 1752 dan mempublikasikan tanaman itu dengan memakai bunganya menjadi hiasan rambut.

Berkat kepintarannya tersebut, Eva Ekeblad memperoleh penghargaan sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia di tahun 1748. Lalu pada tahun 1751 ia dipilih menjadi anggota kehormatan sebab saat itu hanya kaum pria yang diperbolehkan untuk menjadi anggota tetap.

 
Keywords : google doodle,doodle hari ini,eva ekeblad