Terlepas dari apa yang dibidik dalam kamera, pada titik tertentu lensa bakal menjadi kotor. Maka dari itu, pengguna harus membersihkan lensa tersebut.

Untuk memastikan lensa dalam kondisi yang baik, berikut merupakan langkah yang bisa ditempuh oleh pengguna dalam membersihkan lensa kamera dengan memperhatikan detail yang layak mereka peroleh.

Membersihkan unsur depan dan belakang

Awalnya, pengguna mau membersihkan elemen depan dan belakang lensa. Untuk alasan yang jelas. Lalu elemen optic ini paling sering kotor ketika melakukan potret sehari-hari, terutama elemen depan.

Sebelum memilih kain pembersih tradisional, yang perlu diperhatikan yaitu dengan menggunakan blower bulb. Dengan memakai alat ini bakal membantu dalam membersihkan debu ataupun kotoran pada lensa dengan cara hati-hati.

Ketika pengguna selesai menghilangkan debu, pengguna lalu ingin memperoleh kain microfiber dan juga larutan pembersih. Kain microfiber bervariasi dalam tekstur dan kualitas, sehingga pastikan untuk menemukan yang tidak meninggalkan fuzzie.

Tetapi, bila memakai pembersih laruta bersamaan dengan kainnya, maka hindarilah penyemprotan larutan secara langsung pada elemen optic. Sebagai gantinya, semprotkan larutan ke kain lalu bersihkan. Apabila ada goresan yang tertinggal, gunakan bagian kering kain microfiber untuk memastikan permukaannya bersih.

Membersihkan luar lensa

Pengguna mungkin tidak sering membersihkan pada luar bagian lensa, namun ketika melakukannya, haruslah dipastikan bahwa pengguna melakukannya dengan benar. Kain microfiber bekerja dengan baik untuk memperoleh debu dan kotoran pada bagian luar lensa dan untuk ketika mau melakukan pembersihan yang lebih dalam, maka sebaiknya gunakan sikat gigi yang halus.

Sikat tanpa pembersih cairan apapun. Lalu sikat pada permukaan dan di dalam celah lensa. Bula pada sikat harus melepaskan kotoran yang mungkin berada diantara cincin fokus dan zoom.

Walaupun banyak lensa mengklaim ‘tahan air’ atau bahkan ‘tahan cuaca’, sebenarnya tidak ada lensa yang benar-benar terlindungi dari cairan. Maka haruslah dihindari penggunaan cairan pada lensa.

 
Keywords : membersihkan kamera,lensa kamera