CEO Air Asia, Tony Fernandes menyampaikan bahwa asosiasi penerbangan se-ASEAN perlu dibentuk guna menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan yang beroperasi di wilayah tersebut.

Tony mengajak seluruh maskapai berkoordinasi untuk menanggulangi regulasi keselamatan penerbangan antar Negara, dipimpin baik oleh pemerintah ataupun perusahaan penerbangan se-ASEAN.

“Saya pikir dengan pentingnya masalah keselamatan penerbangan, harus ada satu institusi yang menanganinya,” ujarnya di Jakarta, Senin (25/4/2016).

Perjanjian multilateral diadakan untuk menyatukan seluruh ASEAN menjadi satu kesatuan pasar penerbangan dan membuat peraturan mengenai kargo untuk meningkatkan arus transportsai penumpang dan barang di wilayah tersebut.

Indonesia telah menyetujui ajakan kerjasama tersebut dengan menyertakan keputusan presiden minggu lalu.

“Bagian terburuknya adalah halangan non-tariff yang akan membuat persaingan memanas. Regulator harus menjamin keselamatan penumpang, dan di saat bersamaan juga turut melindungi para pelaku usaha,” lanjut Tony.

Saat ini tidak ada asosiasi penerbangan ASEAN kecuali Asosiasi Penerbangan Asia Pasifik yang dihuni maskapai besar semacam Garuda Indonesia dan Malaysia Airlines. Sementara maskapai low cost carrier semacam Air Asia, tidak termasuk di dalamnya.

 

Keywords : tiket murah, tiket airasia, agen tiket, agen travel, tiket online