Kementerian Pariwisata akan segera mengembangkan platform digital marketplace untuk para pelaku bisnis tour and travel. Hal tersebut disampaikan oleh Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata.

“Marketplace itu bakal jadi seperti etalase mall untuk paket pariwisata inbound. Nanti, semua proses reservasi hingga pembayaran akan dilakukan dari sana,” ujarnya.

Saat ini platform tersebut sedang dirancang oleh pihak ketiga dan mendapat promosi dari Kemenpar.

“Online mall tersebut harus diketahui masyarakat. Salah satu caranya adalah dipromosikan dengan media berbayar, media social, serta endorser juga,” jelasnya.

Arief mengungkapkan ide tersebut saat sedang melancong ke kantor Ctrip, perusahaan raksasa online travel di China yang memiliki pangsa pasar 80 persen dari outbound travel. Ctrip sendiri adalah mitra Baidu yang merupakan perusahaan search engine negeri tirai bambu tersebut.

“Pertamanya Baidu memulai sebagai tempat orang-orang mencari info paket wisata. Setelahnya Ctrip masuk sebagai media pembayaran paket wisata tersebut.” terang Arief.

 

Keywords : traveling murah, tiket murah, voucher online, tiket online, beli tiket online, agen tiket, tiket garuda, tiket lion

Indonesia Akan Bangun Digital Marketplace Travel