Keterbatasan lahan dan semakin meningkatnya harga rumah membuat Anda membuang keinginan mempunyai rumah besar. Rumah yang kecil namun di tata secara nyaman, pastinya akan membuat Anda betah.

Tetapi apabila Anda mempunyai anak, dekorasi ruangan di rumah mungil memerlukan upaya yang besar. Anda tidak boleh membuat area mainnya menjadi sempit supaya aktivitasnya bisa tetap berkembang.

Pilih perabotan yang sesuai

Cek kembali kebiasaan Anda di rumah, jika Anda bukan tipe yang suka menyimpan makanan yang sangat banyak, maka tidak perlu membeli kulkas dua pintu yang sangat besar.

Ingat, kulkas besarpun akan memakan biaya yang lebih besar dibandingkan kulkas kecil. Bukan hanya itu, jika Anda dan anak lebih sering menghabiskan waktu dengan duduk di lantai, lebih baik apabila memakai sofa kecil dan pakai dana sesuai untuk karpet yang nyaman.

Tanam rumput

Mengingat adanya anak dalam rumah, maka jangan terlalu banyak menyimpan tanaman  dalam pot. Apabila memang Anda sangat menyukai tanaman, pot gantung dapat menjadi pilihan.

Pasalnya, pot berisiko bertabrak anak atau anak akan mencabut tanaman yang ada di dalam pot. Lalu biarkan halaman tertutup rumput, bisa memakai rumput gajah mini atau rumput jarum supaya anak tetap dapat bermain dengan nyaman di halaman dan tidak langsung terluka ketika jatuh.

Pakailah konsep rumah terbuka

Jika rumah sudah sempit, maka gunakan konsep rumah terbuka tanpa ada sekat walaupun itu dapur. Hal ini bertujuan untuk Anda bisa melihat semua kegiatan yang sedang dilakukan oleh anak, walaupun Anda sedang sibuk memasak atau sedang membersihkan rumah. Konsep rumah terbuka juga bakal membuat rumah seakan lebih luas.

Minimalkan barang

Anak akan selalu suka berlarian di dalam rumah. Maka dari tu, pastikan area di ruang keluarga, ruang makan, dan dapur tak terlalu banyak barang dan tetap lapang.

Perhatikan penempatan tangga

Agar rumah terasa lebih luas, biasanya rumah akan dibangun bertingkat. Namun, pastikan tangganya tetap ramah anak, yakni setiap anak tangga tidak terlalu tinggi, dan ada pegangan tangga untuk mencegah anak terjatuh ke samping ketika menggunakannya.

Keuntungan dalam membeli rumah yang mungil yakni waktu yang digunakan dalam mengurus pekerjaan rumah dan menjaga anak akan lebih efesien. 

 
Keywords : tips kecerdasan anak,agar anak betah di rumah,tips bermain anak