Rumah adalah sebuah tempat yang seharusnya semua orang didalamnya dapat merasa aman dan nyaman. Sebuah keluarga yang mendiaminya akan merasa bahagia. Tetapi bagaimana jika buah hati tak betah diam di rumah ? padahal bermain di rumah mempunyai berbagai manfaat, seperti menjalin kedekatan antara orang tua dan juga anak. Memarahi dan memaksanya pasti bukan sesuatu yang bijaksana untuk dilakukan. Simak tips di bawah ini yang akan buat anak betah tinggal di rumah.

1.  Ciptakan suanana rumah yang bersih sehingga menimbulkan kenyamanan

Tatalah rumah dengan rapi dan bersih, agar anak menjadi lebih nyaman berada di dalamnya. Mengajari anak dalam menata rumah juga baik untuk dilakukan. Misalnya mengembalikan mainan ke tempatnya, atau membersihkan kamar. Selain itu, untuk menciptakan rumah menjadi nyaman, ciptakan komunikasi yang baik agar rumah terasa hangat dan harmonis.

2.  Sertakan anak dalam pekerjaan rumah

Pada saat melakukan pekerjaan rumah tangga misalnya membereskan kamar, memasak, ataupun mencuci mobil, ajaklah anak untuk ikut berpartisipasi dalam pekerjaan tersebut. Dimulai dari yang simple misalnya mencuci sayur, atau membersihkan kamar tidur.

3.  Ubahlah dekorasi kamar anak

Ubahlah tampilan kamar anak agar lebih menarik terlihat. Tanyakan warna yang diinginkan supaya daya kreatifitas anak lebih optimal.

4.  Temani anak ketika bermain di dalam rumah

Di usia 4-6 tahun, anak terkadang mulai menyadari bahwa mereka memerlukan teman bermain. Berikan respon dan perhatian ketika anak meminta untuk ditemani bermain. Jika tidak sempat, izinkan teman anak, saudara, atau pengasuh untuk bermain dengan anak di dalam rumah.

5.  Kenali bakat yang dimiliki oleh anak

Kenali dan arahkan bakat anak di dalam rumah, misalnya anak mempunyai hobi memasak atau bermain musik, jadi berikan fasilitas agar kegiatan itu dapat dilakukan di dalam rumah. Selain memiliki manfaat, minat anak akan tersalurkan dengan cara cepat dan tepat.

6.  Buat kemah di dalam rumah

Setiap anak menyukai kegiatan berkemah. Supaya anak tidak sopan berada di rumah, buatlah tenda di halaman dan ajak anak untuk tidur di dalamnya dengan anggota keluarga yang lain. Apabila tak mempunyai halaman yang mendukung, tak ada salahnya untuk membangun tenda di dalam rumah misalnya di ruang keluarga atau di dalam kamar anak.

Sumber : DavestProperty

 
Keywords : tips kecerdasan anak,agar anak betah di rumah,tips bermain anak