Kadang dengan nyamannya penggunaan smartphone, seringkali tidak terasa bahwa pengguna kuota data internet sudah nyaris habis. Padahal, pengguna mungkin sudah memilah, mana yang harus dibuka dan mana yang tidak diperlukan. Tetapi, lagi-lagi pengguna harus membeli paket internet.

Agar pengguna tidak boros dalam penggunaan kuota dan membuang uang untuk membeli kuota setiap saat. Berikut merupakan cara sederhan dalam menghemat kuota pada ponsel Android, antara lain:

1.  Kompres Halaman di Google Chrome

Jika pengguna memanfaatkan Google Chrome dalam menjajal dunia internet, maka tips satu ini akan sangat bermanfaat untuk pengguna. Aktifkan pilihan ‘Data Saver’ pada Chrome, lalu dengan menggunakan cara ini, pengguna sudah bisa menghemat sampai 35% konsumsi kuota data internet.

Untuk mengkatifkan, pengguna hanya perlu masuk ke ikon opsi di sebelah kanan atas, menuju Settings, lalu pilih Data Saver.

2.  Opera Berikan Kenyamanan Mengomresi Video

Browser Android lainnya, yakni Opera juga mempunyai pilihan yang sangat berguna. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengompresi video saat melakukan penjelajahan di dunia maya. Pastinya menonton video streaming akan memakan banyak kuota. Sehingga, paket internet pengguna selalu cepat habis.

Dengan adanya fitur Opera ini, maka pengguna tidak perlu khawatir untuk menonton video secara streaming. Tentunya, fitur ini sangat menghemat kuota data pada saat digunakan untuk menjajal dunia maya. Untuk mengaktifkannya hanya perlu mengunduh browser Opera, lalu pilih Settings, dan pilih Data Savings.

3.  Gunakan Aplikasi dan Game Offline

Gamer tentunya akan tidak lengkap jika di ponselnya tidak tersedia game untuk dimainkan. Namun, game tentunya membutuhkan akses internet yang konstan untuk dimainkan. Entah hal tersebut untuk memberikan keamanan, atau ingin terus-menerus mengambil kuota data pengguna.

Jadi cara menanggulanginya, pengguna cukuplah memainkan game yang tidak membutuhkan akses internet. Begitu pula dengan aplikasi, banyak aplikasi yang dapat pengguna peroleh dari ponsel Android.

4.  Batasi penggunaan data pada latar belakang

Cara termudah untuk menghemat kuota data paket internet yaitu dengan mengatur aplikasi atau bahkan sistem Android itu sendiri, untuk membatasi data di latar belakang. Background data adalah satu pemborosan data internet yang terjadi pada saat pengguna tidak memakainya. Misalnya sinkronisasi email, widget cuaca, update feed, dan lain-lain.

Cara mengaturnya yakni masuk ke menu Setting, pilih Data Usage, lalu pilih Restrict Background Data. Jika ingin mematikan sinkronisasi email, maka hanya perlu masuk ke Setting, lalu ke Account Google, kemudia matikan auto-sync. Maka pengguna harus memeriksa email secara manual.

5.  Nonaktifkan Auto-Update pada Aplikasi

Komsumsi terbesar lainnya yakni saat ponsel Android melakukan update di Google Play. Untuk mengatasi hal tersebut, maka cukup masuk ke Play Store, lalu set opsi auto-update menjadi Do not auto-updates apps, atau Auto-update apps over Wi-Fi only.

Jika pengguna diharuskan untuk melakukan pembaharuan pada aplikasi yang dimiliki, maka lakukanlah secara manual. Pilih My Apps, lihat satu per satu, mana yang pengguna butuhkan untuk dilakukan pembaharuan. Dengan hal tersebut, kuota data akan sangat hemat.

 
Keywords : android o,google android o,android baru,android oreo