Google Noodle memperlihatkan animasi dari seorang wanita yang anggun yakni Saridjah Niung sedang bernyanyi. Siapakah sosok wanita tersebut?

Pada saat pengguna mengakses situs mesin pencari Google, maka pengguna akan langsung melihat animasi kecil dengan wujud wanita berkacamata yang tengah bernyanyi. Saat pengguna menekan animasi tersebut, pengguna akan dibawa ke pencarian Saridjah Niung.

Saridjah Niung adalah wanita kelahiran Sukabumi pada 26 Maret 1908. Wanita ini memiliki nama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibjo yang wafat pada 1993 saat usia 85 tahun.

Setelah menikah dengan Raden Bintang Soedibjo, wanita ini dikenal dengan sebutan ibu Soed yang merupakan guru musik dan pencipta lagu anak-anak. Lagu yang diciptakan ibu Soed yang terkenal seperti Naik-naik ke Puncak Gunung, Desaku, Burung Kutilang, Hai Becak, hingga Menanam Jagung.

Ia juga merupakan pencipta dari lagu wajib nasional misalnya Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku. Ibu Soed merupakan tokoh pemusik pada zaman Belanda, Jepang, dan Indonesia. Karirnya pada bidang musik diawali sebelum Indonesia merdeka.

Setelah menamatkan pendidikan di Hoogere Kweek School-Bandung. Ibu Soed kemudian menjadi guru musik di HIS Petojo, HIS Jln Kartini, dan HIS Arjuna yang ternyata masih menggunakan bahasa Belanda. Ibu Soed sangat prihatin melihat anak-anak Indonesia yang tampak murung. Hal tersebut membuat Ibu Soed banyak menciptakan lagu gembira untuk menyenangkan anak-anak tersebut.

 
Keywords : google doodle,google doodle adalah,google doodle hari ini,google doodle indonesia