Instagram selama ini tidak mengijinkan untuk memblokir posting foto atau video yang sudah jelas melanggar peraturan misalnya mengandung kekerasan dan pornografi. Namun biasanya postingan yang bersifat menyerempet seringkali dibiarkan.

Namun kini hal tersebut telah berubah dengan adanya penerapan kebijakan baru dari Instagram. Aplikasi populer ini kini mulai memburamkan foto atau video di feed pengguna yang dinilai memiliki muatan yang negatif.

Jadi foto atau video dimaksud sudah dilaporkan oleh pengguna lain sebagai tidak layak, namun dinilai tak melanggar peraturan oleh tim moderasi Instagram.

Maka Instagram mengambil langkah tengah dengan tetap membiarkan postingan tersebut namun dengan diburamkan tambah peringatan berbunyi “Foto ini mengandung konten yang sensitive, ofensif, atau mengganggu sebagian orang”.

Posting yang diburamkan tetap dapat terlihat dengan menghilangkan blur setelah pengguna mengklik sebuah tombol khusus untuk menyatakan bersedia melihat konten meskipun sudah diberi peringatan.

Instagram memberikan penilaian sensitive berdasarkan beberapa criteria. Awalnya, Instagram akan fokus terhadap konten yang menggambarkan kekerasan, seperti video menyiksa binatang.

Pengguna akan tetap bisa mengunggah konten sensitive dan tidak bakal diturunkan oleh Instagram asalkan tidak melanggar ketentuan.

Dalam waktu yang bersamaan dengan penerapan kebijakan ini, Instagram juga mempublikasikan fitur keamanan baru berupa otentikasi dua langkah yang sebelumnya hanya tersedia secara terbatas untuk pengguna tertentu.

 
Keywords : bug instagram,error instagram,foto instagram blur