Banyak macam konten yang ada d internet dan bisa diakses melalui platform PC ataupun mobile. Terkhusus untuk mobile, para orang tua harus bisa menjaga anak agar tidak mengakses konten yang negatif.

Berikut adalah tips untuk mencegah kemungkinan pengaruh negatif dari konten-konten yang tidak cocok untuk anak:

1. Aktifkan Restricted Mode yang ada di YouTube

Dengan mengaktifkan Restricted Mode maka akan menjauhkan anak-anak dari konten negatif. Cara mengaktifkannya, fitur ini terletak diposisi paling bawah pada browser. Namun pada aplikasi YouTube, fitur in terletak di setting dan pilih general lalu temukan restricted mode.

2. Aktifkan Parental Controls

Ponsel Android dilengkapi dengan fitur untuk mencegah konten negatif di Google Play. Dengan mengaktifkan fitur Parental Controls di Pengaturan Google Play maka akan membuat pengguna dibatasi dalam mengunduh konten berdasarkan usia anak.

3. Buatlah akun Google Khusus

Apabila orang tua mengizinkan anak-anak dalam mengakses YouTube, maka sangat perlu untuk membuat akun Google khusus, agar pengguna bisa memonitor video apa yang ditonton oleh anak dan apa yang diunduh serta di sharing.

4. Duduk bersama dengan anak

Awasi dan temani anak dalam menonton video. Jika anak suka dengan video yang berbau anak-anak, maka mintalah anak untuk subscribe video tersebut. Jadi pada saaat login, anak akan langsung memiliki peluang untuk langsung masuk ke video yang disukai.

 
Keywords : tips gadget,kesehatan anak,melidungi anak