Noam Bardin, selaku pemimpin Waze, pada 22 Februari kemarin mengumumkan fitur baru Waze “Carpool” atau bepergian bersama dalam satu mobil.

Tahun lalu, Waze juga telah meluncurkan saingan Uber yang sama-sama mampu menghubungkan pengemudi dengan penumpang yang mau menghemat biaya dengan cara berbagi kendaraan melalui Aplikasi Waze Carpool, yang available pada beberapa Negara seperti, bagian Amerika Serikat dan Israel.

Perluasan sayap yang dilakukan Waze Carpool yang kini berganti nama menjadi Waze Rider, akan dikembangkan pada beberapa bulan kedepan. Perluasan tersebut akan dilakukan di semua bagian Negara Amerika, tak terkecuali Amerika Latin.

Persaingan UberPool pada fitur Carpool dengan fitur Carpool pada Waze Rider terlihat sengit. Hal ini bisa dibandingan dengan persaingan harga diantara keduanya. Uberpool bisa mencapai US$ 0,75 atau setara dengan Rp. 10.020/kilometer sedangkan Waze Rider menawarkan lebih murah yaitu senilai US$ 0,54 atau sekitar Rp 7.214/kilometer.

Selain itu, Waze mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menggantikan taksi konvensional karena konsep yang dimiliki adalah “nebeng”. Dengan konsep ini, maka siapapun yang ingin menumpang karena searah akan ikut dengannya.

Pengumuman Waze Rider ini hampir bersamaan dengan kabar buruk yang menimpa Uber terkait dengan masalah pelecehan seksual yang dilakukan oleh pegawainya. Seolah-olah Waze sedang mengambil kesempatan untuk menarik publik dari Uber ke Waze dengan peluncuran fitur baru ini.

Kasus Uber mencuat ketika Mantan Teknisi Uber, Susan J Fowler membeberkan pelecehan seksual yang dialaminya oleh atasanya sendiri pada tangga 20 Februari lalu di blognya sendiri. Ia menuntut Uber karena telah membiarkan praktek pelecehan terjadi dalam perusahaan.

Sebelumnya banyak pengguna Uber yang membelot akibat pernyataan CEO Uber, Travis Kalaknick yang diduga mendukung kebijakan imigrasi Presiden Amerika Serikat Donald  Trump terkait larangan masuk warga dari 7 negara yang berpenduduk mayoritas muslim.

 
Keywords : waze carpoll,fitur baru waze,google maps