Fash Charging adalah salah satu fitur yang mulai banyak diterapkan di ponsel canggih termasuk pula Oppo. Perusahaan dari China ini memang mempunyai teknologi fast charge yang bernama Voltage Open Loop Multi-Step Constant-Current Charging (VOOC).

Mengalahkan teknologi VOOC terdahulu yang dapat mengisi 75% kapasitas baterai perangkat dalam 30 menit, kini cara kerja Super VOOC bahkan lebih cepat dalam hal mengisi daya. Super VOOC mampu mengisi daya baterai dengan kapasitas 2.500 mAH dari keadaan kosong hingga 100% hanya dalam waktu 15 menit sehingga diklaim sebagai teknologi pengisi daya tercepat di dunia.

Berbeda dengan ponsel canggih lainnya yang menggunakan pengisian baterai dengan voltase tinggi. Super VOOC justru mengandalkan Voltase yang cukup rendah, sekitar 5V yang aman dan sesuai pada standar untuk pengisian daya smartphone. Penggunaan voltase rendah ini dipadukan dengan algoritma pulse-charge yang secara dinamis mampu mengatur arus untuk pengisian daya baterai dalam waktu yang singkat.

Pihak Oppo mengatakan bahwa dengan menggunakan voltase rendah pada Super VOOC akan membuat suhu perangkat akan lebih dingin.

Teknologi fast charging dengan voltase tinggi membutuhkan converter untuk menurunkan voltase sebelum daya dikumpulkan ke baterai. Proses ini akan melepaskan banyak energi dalam bentuk panas sehingga kurang efisien. Karena Super VOOC yang membuat ponsel dingin, sehingga akan membuat pengguna merasa nyaman pada saat mengisi baterai, seperti pada saat browsing, menonton video, atau bermain games tanpa membuat tangan pengguna kepanasan.

Teknologi Super VOOC diciptakan melalui perpaduan tiga komponen, yaitu baterai jenis baru dengan susunan kimia rahasia, charger dengan hardware kelas militer (military grade) yang didesain kuat. Dan kabel khusus (USB Type-C atau micro USB).

Selain Super VOOC, Oppo juga memiliki update inovasi kedua berupa teknologi penstabil gambar (Optical Image Stabilizer, OIS) untuk kamera ponsel. Fitur ini bernama Smart Sensor yang sangat berbeda dibandingkan teknologi lain yang sejenis.

Dengan menggunakan SmartSensor dari Oppo yaitu teknologi basis Micro Electro Mechanical System (MEMS), tugas menstabilkan gambar dari goyangan ini dipindahkan dari lensa ke sensor kamera.

Sensor yang akan meredam goyangan dalam menggerakkan komponen lensa. Cara kerja seperti ini sebenarnya sudah digunakan oleh kamera digital DSLR dan mirrorless dengan penggunaan penstabil gambar berbasis sensor (In-Body Image Stabilizer atau IBIS). Bedanya dengan IBIS kamera digital, teknologi MEMS membuat SmartSensor berukuran sangatlah kecil sehingga bisa ditempatkan didalam modul pada kamera ponsel canggih. Karena memiliki ketebalan sebanding dengan dua lembar kertas maka SmartSensorpun di klaim sebagai image stabilizer terkecil di dunia untuk perangkat jenis apapun.

Manfaat dari memindahkan image stabilizer ke lensa sensor antara lain:

Pertama, SmartSensor mampu mengoreksi goyangan selain dua sumbu pitch axis dan yaw axis, yaitu roll axis, di samping pitch dan yaw sehingga mampu meredam dengan lebih efektif.

Kedua, SmartSensor mampu bekerja dengan super cepat. OIS biasanya memiliki jeda setidaknya 50 milidetik sebelum memulai meredam gerakan. Namun SmartSensor mampu melakukannya dengan hanya 15 milidetik.

Ketiga, IOS dilensa memiliki tingkat presisi diantara 3-5 mikrometer, tetapi SmartSensor mampu mengoreksi getaran hingga 0,3 mikrometer, atau 10 kali jauh lebih akurat.

Ukuran setiap pixel pada sensor kamera biasanya berkisar di angka 1 mikrometer. Hal ini menunjukkan bahwa SmartSensor mampu mengoreksi pada skala hanya sepertiga piksel. Stabilisasi pixel-level merupakan yang pertama kali diterapkan pada smartphone.

Manfaat terakhir yaitu, SmartSensor memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan OIS yang digunakan pada lensa motor coil. Penggunaan listrik SmartSensor hanya sekitar 10 miliwatt atau 50 kali lebih rendah daripada OIS berbasis lensa.

Dengan manfaat SmartSensor diatas, maka SmartSensor dipastikan dapat menghasilkan tangkapan gambar yang tajam, bebas buram akibat goyangan walau pada situasi yang kurang ideal sekalipun, contohnya dimalam hari atau saat menonton konser.

 
Keywords : smart sensor smartphone,fast charger,cas cepat hp