Siapa yang tak akrab dengan bakso. Masyarakat di Indonesia tentu tidak asing dengan menu daging yang dibentuk bulat yang disajikan dengan mie dan kuah.

Akan tetapi bakso yang ada di Yogyakarta tepatnya Warung Berkah, Jalan Sugeng Jeroni No 62 Wirobrajan, Patangpuluhan, berbeda dengan bakso lainnya. Perbedaannya bukan terletak pada ukuran baksonya tetapi terletak pada bahan dan penyajiannya yang menggunakan kelapa muda.

Bakso Degan, begitu nama hidangannya. Bahkan di Yogyakarta sendiri, inilah satu-satunya kios bakso yang menjual hidangan unik tersebut.

“Ini baru Bakso Degan yang pertama di Yogyakarta,” ujar Wiwik Adriana, salah satu pemilik warung Berkah, Sabtu (14/1/2017).

Di warung bakso Berkah, air degan alias air kelapa muda yang biasanya diolah menjadi minuman sekarang malah diolah menjadi kuah bakso. Rasa gurih dan manisnya air degan diracik dengan bumbu dan  menghasilkan kuah bakso yang berbeda dan istimewa di lidah.

“Kuahnya memang terbuat dari air degan yang sudah diracik dan dimasak dengan bumbu rahasia kami. Degan yang digunakan degan hijau, tentu harus dipilih yang pas, tidak terlalu muda dan terlalu tua,” jelas Wiwik.

Tidak hanya itu keunikan lainnya adalah mie bakso, Jika biasanya mie bakso terbuat dari tepung, warung “Berkah” justru menggunakan serutan daging degan alias daging kelapa muda sebagai pengganti mie.

Tingkat kekenyalan daging degan dengan rasa yang gurih berpadu dengan kuah bakso panas, rasanya unik tapi enak di lidah.Selain itu, daging yang digunakan dalam bakso degan juga berbeda. Bukan sapi, melainkan terbuat dari ikan kakap.

Penyajiannya pun cukup unik. Bakso, mie kuah degan disuguhkan dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari batok kelapa. Tidak hanya itu, pembeli yang mau porsi spesial dapat kami sajikan bakso di dalam kelapa utuh. Dengan menggunakan sendok anda dapat mengupas sendiri daging degan di dinding bagian dalam sebagai mie.

Jika anda ingin menikmati bakso degan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga bakso degan dalam mangkuk batok kelapa dihargai Rp 13.000 per porsi, sedangkan bakso dalam kelapa utuh dihargai Rp 18.000 per porsi.

Sensasi kenikmatan bakso degan akan lebih komplit dan lebih memanjakan lidah anda memesan minuman es degan.Es degan di warung Berkah ini menggunakan gula aren asli. Es degan gula aren ini pun disajikan dalam mangkuk batok kelapa.

Wiwik berkisah, warung Berkah ini di buka pada 12 des 2016 bersama tiga temannya yang dari alumni SMP Maria Immaculata Yogyakarta.

Ide awalnya muncul ketika mereka berempat berwisata ke Sukabumi. Saat menginap di sebuah hotel berbintang empat dan mereka melihat ada menu unik yaitu bakso degan. Penasaran, keempatnya lantas memesan menu tersebut.

“Kami pesan, ternyata enak. Hanya baksonya di sana bakso sapi,” tegasnya.

Menu tersebut kemudian kami coba di rumah dengan mengubah bahan bakso dari ikan kakap. Selain itu, semua rasanya diolah kembali dengan bumbu-bumbu sendiri.

“Kami coba di rumah dan kami mengundang salah satu teman yang bekerja menjadi koki di hotel berbintang. Dia bilang bumbu rahasia dan perpaduan bakso ikan kakapnya pas dan enak di lidah,” tandasnya.

Dari situlah kami lantas membuka warung bakso Berkah di Jalan Sugeng Jeroni No 62. Walaupun masih terbilang baru dalam sehari sekitar 40 sampai 50 mangkuk bakso ludes di serbu pembeli.

 
Keywords : bakso unik,bakso ikan,bakso kuah kelapa,bakso mie kelapa,liburan