Terhitung sejak lima tahun terakhir, jumlah transaksi elektronik dengan kartu kredit, kartu debit, dan kartu prabayar meningkat lebih dari 1.000 persen. Hingga akhir tahun lalu, Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi elektronik telah mencapai Rp 5,2 triliun.

Menurut Presiden Direktur Visa Worldwide Indonesia Ellyana Fuad, pertumbuhan penggunaan pembayaran elektronik memberi dampak positif pada pertumbuhan perekonomian. Merujuk pada studi Moody’s Analytics, transaksi nontunai saat ini telah menciptakan rata-rata 62920 lapangan kerja baru tiap tahun."Aktivitas transaksi elektronik juga meningkatkan produk domestik bruto setara USD 2,17 miliar," tutur Ellyana di Jakarta Senin (11/4).

Sejumlah bank telah mendorong kegiatan transaksi elektronik dengan sistem branchless banking, pembayaran tagihan televisi kabel, token listrik, pulsa seluler, dan pembayaran tol dengan kartu prabayar. Pembelian tiket moda transportasi, tiket pertunjukan, dan pembayaran belanja online melalui transfer perbankan juga berperan dalam peningkatan transaksi elektronik.

Selain menambah lapangan kerja, transaksi elektronik juga membantu penciptaan iklim usaha yang lebih terbuka dengan mengurangi grey economy atau kegiatan ekonomi berbasis transaksi tunai yang tidak dilaporkan kepada negara, tambah Ellyana.

Dengan transparansi transaksi keuangan ini, potensi penerimaan pajak bisa terus bertambah. "Pembayaran secara elektronik juga menekan biaya pengelolaan uang, menjamin pembayaran untuk pedagang, serta mendorong inklusi sektor keuangan," terangnya.

Survei dari Moody’s juga menyebutkan, setiap kenaikan 1 persen pembayaran nontunai secara global mampu menghasilkan peningkatan konsumsi barang dan jasa senilai USD 104 miliar. Dengan asumsi tersebut, Ellyana mengklaim penggunaan uang elektronik meningkatkan produk domestik bruto sebesar 0,004 persen.

Meski hasil studi Moody’s cukup menggembirakan, Ellyana mengutip data Bank Dunia bahwa hanya 36 persen penduduk Indonesia yang memiliki rekening di perbankan.Untuk itu, dia berharap pemerintah, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan mendorong perluasan transaksi elektronik yang telah dirintis melalui Gerakan Nasional Nontunai.

 

Keywords : Pembelian pulsa online, tiket pesawat, harga tiket pesawat, tiket pesawat murah, tiket pesawat promo, tiket pesawat garuda, tiket pesawat, pulsa murah