Fiksi ilmiah merupakan salah satu genre yang tertua dalam literature, film fiksi ilmiah yang jadi kenyataan adalah salah satu bentuk spekulatif terutama yang membahas mengenai pengaruh teknologi serta sains yang diimajinasikan pada masyarakat serta individual. Terdapat beberapa hal yang memang benar-benar masuk akal dan sangat dekat terhadap kemungkinan pada masa depan. Dibawah ini film fiksi ilmiah yang jadi kenyataan.

1. Mobil Autopilot

Pada film Minory Report tahun 2002 yaitu futuristic sci-fi menceritakan kehidupan di masa depan yakni tahun 2054. Salah satu teknologi utama yaitu mobil otomatis yang mampu berjalan otomatis menggunakan autopilot, dan bergerak selaras bersama dengan lalu lintas.

2. Shark Repellent

Film fiksi ilmiah lainnya yaitu Ranchise Batab. Film ini jarang dipandang sebagai fiksi ilmiah karena film ini memperkenalkan gadget yang besar dan kendaraan supervillains dan kesemuanya termasuk element pada genre sci-fi, 1966. Dalam filmnya juga dikenal ikan hiu yang memiliki kemampuan khusus dan sangat canggih. Sangat mengagumkan, namun tidak satupun yang berfikiran jika akan melihatnya di kehidupan nyata. Hingga saat ini perangkat hiu repels telah berfungsi dan mampu mengirimkan pesan terhadap kawanan hiu agar mereka berenang ke arah yang lain.
Pada masa depan, perangkat ini bisa digunakan untuk menjaga hiu dari jaring ikan maupun “pagar” dari daerah tempat mereka berenang.

3. Penyimpan Data yang Tidak Akan Hilang Selamanya

Film fiksi ilmiah ini salah satu film yang menjadi kenyataan yaitu film produksi 2002, dengan judul Time Machine. Didalamnya ada Alexander Hartdegen (diperankan oleh Guy Pierce) yang menciptakan mesin waktu serta dengan tidak sengaja mendorong dirinya ke tahun 802.701 tahun.
Ketika itu dirinya menemukan runtuhan bangunan yang memiliki kandungan hologram dan berusia lebih dari 800.000 tahun lalu. Dari sini ribuan penonton diajak memutar otak terhadap gagasan bahwa ada sebuah penyimpanan data yang dapat bertahan selama itu hingga kini.
Hal itu diwujudkan dengan adanya penyimpanan data yang kuat seperti halnya harddisk, disk kompak, buku, yang dapat dijadikan sebagai perangkat penyimpanan data yang dimiliki saat ini. 

 
Keywords : film fiksi ilmiah yang jadi kenyataan,film fiksi ilmiah