Drone kini memang menjadi satu alat yang banyak digemari. Bahkan selalu ada inovasi-inovasi untuk menghasilkan drone dengan model dan fitur baru yang canggih. Salah satu drone tanpa baling-baling kini sudah jadi terobosan baru. Drone ini merupakan karya anak bangsa.

Bila biasanya drone itu dibuat dengan menggunakan baling-baling untuk memudahkan penerbangan, namun ini justru sebaliknya. Drone karya anak bangsa ini dibuat dengan menghilangkan baling-baling tersebut. Pembuat drone ini adalah seorang remaja berumur 18 tahun yang bernama Muhammad Rizqy Fauzan.

Drone baling-baling pertama dunia ini memang sengaja dia ciptakan dengan menerapkan konsep tanpa baling-baling karena terinspirasi oleh konsep Dyson Air Multiplier. Drone tersebut mampu terbang dengan menggunakan teknik air pressure. Sehingga memungkinkan untuk masuknya udara tanpa bantuan dari adanya baling-baling.

Drone tanpa baling-baling karya anak bangsa ini diberi nama Bladeless Drone atau F-Copter. Pada drone itu, Rizqy menghilangkan komponen lain seperti ESC, motor driver, serta motor DC. Sehingga hal tersebut akan menghemat bahan bakar pada drone nantinya. tidak hanya itu, drone juga akan memiliki bobot yang lebih ringan.

Sistem kerja drone dengan teknik air pressure ini akan mampu memancing udara yang ada di atas drone, yang kemudian akan mengalir ke bawah melalui bingkai yang telah dibuat hingga sedemikian rupa. Terdapat kompresor mini pada drone tersebut yang berfungsi sebagai penghasil tekanan udara. Kompresor mini tersebut dinamai pneumatic speed dan pneumatic turbin.

Drone tanpa baling-baling tersebut dibuat oleh Rizqy dengan memanfaatkan mesin cetak 3D sebagai media pembuatan rangka drone. Sedangkan untuk mesinnya, remaja ini mendatangkan mesin impor. Waktu yang telah dihabiskan untuk membuat prototype drone ini sekitar satu bulan dan telah menghabiskan dana hingga 5 juta rupiah.

Uji coba drone baling-baling pertama dunia ini masih belum sampai pada tahap uji terbang. Melainkan masih sebatas uji coba ranah software saja. Akan tetapi, pemuda tersebut berharap drone buatannya tersebut nantinya akan dapat ikut dalam uji coba terbang. Bahkan jika berhasil, Fauzan ingin drone buatannya bisa bermanfaat baik dalam hal transportasi, penelitian , serta cinematic.

 
Keywords : drone tanpa baling baling,drone baling baling pertama dunia,drone karya anak bangsa,drone tanpa baling baling karya anak bangsa