Penggunaan aplikasi SAP, khususnya SAP 2000, tidaklah semudah yang difikirkan. Program ini hanya digunakan pada perusahaan skala besar untuk melakukan pengelolaan dari tempat yang berbeda. Berikut cara menjalankannya.

Menentukan Model Struktur

Dalam menggunakan program SAP 2000, anda memiliki kebebasan menentukan model struktur dengan bantuan grid bantu. Untuk itu, anda bisa langsung memilih ikon menu file selanjutnya tekan “new” dan muncullah sebuah kotak dialog. Dalam membuat model struktur, ada dua cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Jika anda menginginkan untuk membuat model struktur yang telah ada pada SAP, maka anda bisa memilih grid only serta blank.
2. Sedangkan jika anda menginginkan membuat struktur model sendiri, maka anda bisa memilih pilihan grid only atau blank yang kemudian anda bisa melakukan edit grid dengan memilih menu define selanjutnya pilih coordinate system/grid maka anda bisa memilih modify/show system. Dari ini anda bisa mengisikan parameter yang disesuaikan dengan model struktur.

Menentukan material serta nilainya

Dalam menjalankan program SAP dengan benar untuk menentukan material, anda bisa memilih menu define yang selanjutnya menu material sehingga akan muncul kotak dialog yang berisikan jenis material, apakah concrete (beton) atau steel (baja).

Memasukkan profile pada element

Untuk tahapan ini, anda bisa memilih menu element hingga anda menemukan tanda putus-putus. Selanjutnya anda bisa memilih menu assign lalu frame dan selanjutnya selection, sehingga akan muncul kotak dialog lagi untuk memilih nama profile yang ingin dimasukkan dalam element.

Menentukan beban

Sedangkan untuk menggunakan program SAP dalam menentukan beban, maka bisa dilakukan dengan memilih menu define yang selanjutnya anda bisa memilih load case sehingga akan muncul kotak dialog. Di sini, anda bisa menambah beban dengan memilih add atau mengganti beban dengan memilih modify.

Memasukkan beban ke dalam element

Jika anda memilih joint, maka perhatikan hingga terlihat tanda yang menyerupai sinar dan selanjutnya pilih assign, lalu join loads dan force. Sedangkan jika memilih batang, maka lihat tampilan hingga muncul tanda garis putus-putus. Setelah itu anda bisa membuat beban titik, merata, trapezium ataupun bintang. Untuk beban titik, pilih assign, selanjutnya frame/cable/tendon loads lalu point dan jika beban merata, segitiga ataupun trapesium, pilih distribute.

Melakukan analysis

Untuk tahapan ini, anda bisa memilih menu analysis selanjutnya set analysis option, maka anda bisa memilih struktur model 3D (space frame) atau 2D (plane frame). Setelah itu anda bisa melakukan run analysisi dengan menekan F5.

Penggunaan program ini didukung dengan jaringan internet, untuk membayar tagihan internet anda bisa memanfaatkan layanan Davestpay pembayaran internet setiap bulannya. Tak hanya itu, Davestpay adalah aplikasi pembelian dan pembayaran online yang melayni juga pembayaran BPJS, pembelian voucher hotel dan lain sebagainya. 

 
Keywords : layanan davestpay pembayaran internet,menggunakan program SAP,menjalankan program SAP dengan benar,penggunaan aplikasi SAP