Sistem operasi adalah sejenis software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan hardware atau perangkat keras dalam menjalankan aplikasi software untuk memudahkan penggunanya. Terdapat dua macam sistem operasi yaitu open source dan close source. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sistem operasi open source adalah  software yang dapat dipergunakan dan dipelajari oleh khalayak umum dengan dibukanya kode rahasia dari program. Tapi bukan berarti dengan terbukanya sistem operasi kemudian tidak dipungut biaya sama sekali. Tetap ada biaya untuk pembelian software bersangkutan seperti halnya Linux.

Tujuannya adalah untuk mencegah dan mengurangi ketergantungan terhadap pihak vendor yang terkadang bertindak semaunya. Maka dibuatlah perangkat lunak yang bisa dijangkau oleh semua orang tanpa harus takut oleh pihak vendor tertentu. Hal ini tentu lebih menguntungkan untuk pihak personal dan tidak bagi pihak vendor sebagai penghasil keuntungan besar dari munculnya software.

Sedangkan sistem operasi close source adalah software yang tidak membuka kode secara sembarangan layaknya open source sehingga unsur kebebasan disini ditiadakan. Untuk mengakses software dari close source harus membeli terlebih dahulu dari vendor yang bersangkutan. Karena biasanya pihak vendor telah membeli paket terlebih dahulu dan paket tersebut tidak bisa didistribusikan secara langsung ke khalayak umum.

Namun jangan berfikir bahwa sistem close source tidak memiliki kelebihan, kelebihannya terletak pada kestabilan sistem lebih terjamin daripada open source yang bisa diubah dan diperbaiki karena penggunaannya lebih bebas. Selain itu tentu saja dukungan dari vendor yang bersangkutan yang sudah pasti memberikan keuntungan tersendiri untuk semakin meluasnya sistem operasi ini.

Peran vendor sebagai pendistribusi sistem operasi kepada umum memang cukup drastis terbukti dengan adanya MS-Dos hingga yang terbaru windows 8 dengan cepat bisa dikenal masyarakat secara luas dari berbagai penjuru dunia.

Nah itulah perbedaan dari sistem operasi open dan close source. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang sama rata sehingga kita bisa mencermati dari sudut berbagai sudut pandang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda tentang sistem operasi. 

 
Keywords : sistem operasi open source,sistem operasi close source,sistem close source,pendisribusian sistem operasi