Saat ini penggunaan gadget seperti handphone sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan manusia dituntut untuk dapat menerima berbagai informasi yang cepat ditengah globalisasi dunia. Pemilihan handphone saat inipun beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Salah satu handhone yang menjadi pilihan masyarakat adalah handphone dari pasar gelap atau black market.  Alasan masyarakat memilih handphone dari pasar gelap adalah harganya yang murah meskipun ponsel atau handphone tersebut tidak memiliki ijin resmi untuk dijual di Indonesia.

Alasan lainnya yaitu edisi atau tipe yang pastinya akan berbeda dengan ponsel yang dijual resmi di Indonesia termasuk fitur, spesifikasi, koneksi pendukung, dan sebagainya. Memilih handphone  dari pasar gelap sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan dan hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbanagan Anda sebagai konsumen. Berikut kelebihan dan kekurangan handphone dari pasar gelap.

 

Kelebihan handphone dari pasar gelap

- Harga handphone dari pasar gelap lebih murah dibandingkan dengan ponsel resmi

Handphone yang dijual dari black market memiliki tipe dengan spesifikasi yang tidak dijual di Indonesia dan menjadi keunikan serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

- Proses dan klaim garansi yang lebih cepat.  Jika dibandingkan dengan proses garansi ponsel resmi, handphone dari pasar gelap lebih cepat. Selain itu ponsel dari pasar gelap memiliki garansi tambahan dari penjual ponsel sendiri untuk penggunaan beberapa minggu bahkan bulan yang pastinya bukan garansi resmi, jadi jika ada kerusakan tidak perlu mengembalikan garansi ponsel ke luar negeri. 

 

Kekurangan handphone dari pasar gelap. 

- Garansi ponsel dari pasar gelap merupakan garansi tidak resmi karena termasuk barang ilegal. Dengan kata lain jika terjadi kerusakan garansi yang digunakan adalah garansi internasional atau dari penjual langsung, sehingga barang akan dikirim ke luar negeri untuk reparasi. 

Sparepart yang susah dicari juga menjadi kekurangan ponsel dari pasar gelap karena tidak resmi diperjualbelikan di Indonesia.

Beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai handphone dari pasar gelap tersebut dapat menjadi acuan Anda untuk memilih, namun sebagai konsumen yang cerdas tentu saja Kita perlu mempertimbangkan kembali jangka panjang penggunaan gadget bukan hanya pada pembelian dan pembayaran produk.

Pilihan pembelian dan pembayaran juga memiliki peran saat Anda memilih barang yang akan Anda beli, saat ini pembelian dan pembayaran dapat dengan mudah melalui gadget dan pastinya praktis, salah satunya adalah dengan aplikasi pembelian dan pembayaran barang Davestpay.

 
Keywords : handphone dari pasar gelap,ponsel dari pasar gelap,kelebihan dan kekurangan handphone dari pasar gelap,aplikasi pembelian dan pembayaran barang