Dahulu kita sering berbelanja ke pasar ataupun mall untuk membeli berbagai kebutuhan. Tapi Tahukah Anda? Sekarang ini semua keperluan dapat di Beli melalui internet alias Belanja Online. Tren seperti ini sedang populer di indonesia, kemudahan dalam berbelanja tanpa perlu keluar rumah, antri, terkena macet, ataupun lainnya membuat belanja online ini adalah aktivitas yang cukup efisien karena dapat menghemat banyak waktu.

Akhir-Akhir ini sudah banyak para pengusaha yang menggunakan peluang ini untuk membuka toko online. Sehingga sekarang ini banyak sekali tersedia berbagai  macam produk yang dijual dan tersebar di internet. Mulai dari pakaian, makanan, elektronik, dll.

Tapi ternyata peluang ini tidak hanya dimanfaatkan oleh para pengusaha saja, para penipu mulai ikut serta dalam membuka toko online dan tercatat banyak sekali korban penipuan yang sudah tertipu oleh mereka. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dalam belanja Online.

Untuk keamanan dan kenyamanan Anda dalam berbelanja online, simak tips berikut ini :            

1. Berhati-hatilah terhadap penjual yang memamerkan janji-janji yang tidak masuk akal. Jangan mudah tergoda apabila menemukan toko online yang menawarkan hal yang berlebihan.
2. Pilihlah toko online yang menggunakan domain .com/.net/.co.id/.web.id/ dll. Karena untuk mendaftar domain dengan TLD (Top Level Domain) memerlukan identitas seperti KTP atau SIM. Hindari membeli di toko online yang menggunakan domain berakhiran .blogspot.com, .wordpress.com, dll yang sifatnya adalah gratis.
3. Jika memang Anda ingin memilih perlindungan yang lebih aman lagi, pilihlah toko online yang sudah mengatas namakan CV/PT, sertamemiliki sertifikat SSL
4. Pastikan alamat toko online tersebut ada dan jelas. Andabisacobabrowsing di Internet untuk mengecek keberadaan toko online tersebut nyata atau tidak.
5. Pastikan toko online tersebut memiliki nomor kontak yang dapat dihubungi.
6. Coba tanyakan kepada pemilik toko online tersebut apakah toko online mereka dapat melakukan transaksi COD (Cash on Delivery)? Jika tidak bisa maka tawarkanlah COD di toko online tersebut berada.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang akan berbelanja online. 

 
Keywords : belanja online murah,diskon belanja online,tips berbelanja online,cara menggunakan kartu kredit