Ketika sebuah usaha dimulai dengan cara patungan, proses pembagian hasil biasanya akan sedikit sulit. Kenyataan yang sering terjadi adalah ada salah satu pihak yang merasa dirugikan karena merasa pembagian hasil usaha tidak dilakukan dengan adil. Lantas, bagaimana cara pembagian saham startup yang adil?

Pembagian yang adil sebenarnya adalah pembagian yang didasarkan pada beberapa komponen dan tak melihat dari segi pemberian modal saja. Pasalnya, founder yang memberikan modal saja dinilai sebagai founder pasif, sehingga tak akan adil jika penanam modal besar akan mendapat hasil yang lebih besar tanpa ikut terlibat dalam pengembangan usaha.

Beberapa komponen yang harus diperhitungkan dalam pembagian saham adalah ide, waktu kerja, modal, loyalitas dan coding (jika melibatkan proses pembuatan apps). Masing-masing komponen memiliki point tersendiri.

Dengan memperhatikan komponen-komponen di atas, cara pembagian saham akan menjadi lebih adil dan sesuai dengan apa yang dikerjakan. Jadi, founder aktif akan mendapat bagian yang lebih banyak dibanding founder pasif sehingga tak akan ada lagi founder aktif yang merasa dirugikan.

Mungkin, Anda  akan menganggap cara pembagian saham startup semacam ini sangat merepotkan. Akan tetapi, sebenarnya ada cara mudah untuk melakukannya. Salah satunya dengan menggunakan co-founder equity calculator, yaitu sebuah alat penghitung saham yang didasarkan pada pertanyaan terkait kontribusi founder. Konsep perhitungan calculator ini bukanlah konsep sembarangan. Perumusan bobot masing-masing pertanyaan telah melalui proses diskusi bersama para ahli selama lebih dari 3 tahun.

Untuk menggunakan co-founder equity calculator, Anda harus menjawab 13 pertanyaan mengenai kontribusi masing-masing founder. Setelah semua pertanyaan dijawab, klik tombol calculate dan prosentase saham masing-masing founder akan ditampilkan.

Cara pembagian saham menggunakan co-founder equity calculator seperti ini lebih mudah dibandingkan cara analisa atau dynamic equity split. Selain itu, perhitungan pembagian saham yang didasarkan pada pertanyaan kontribusi seperti ini juga mmapu menghindari keputusan yang subjective.

Bagaimana? Cara menggunakan co-founder equity calculator sangat mudah bukan? Penasaran ingin mencoba? Silahkan kunjungi http://foundrs.com/ dan coba hitung porsi saham Anda.

 
Keywords : pembagian saham startup,cara pembagian saham startup,cara menggunakan co founder equity calculator,co Faounder Equity Calculator,Cara pembagian saham menggunakan co founder equity calculator,perhitu