Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian – Banyaknya perusahaan yang menjadi saingan produk Anda dalam menjangkau peluang pasar membuat Anda harus mempunyai strategi mengatasi permasalahan tersebut. Dalam hal ini Anda harus mengenal dengan adanya brand awareness. Tahukah anda apa itu brand awareness dan keputusan pembelian ternyata mempunyai hubungan yang sangat erat?

Kotler (1998) menjelaskan bahwa brand merupakan nama, istilah, lambang, atau gabungan semua istilah yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi barang atau jasa buatan seorang maupun sekelompok penjual. Brand atau merk tersebut selanjutnya diharapkan dapat membedakan barang ataujasa yang diproduksi oleh pesaing.

Sedangkan menurut jurnal nasional dari Hansel Bagus Triatma dan Riswan Efendi Tarigan dari Universitas Pelita Harapan Tangerang, brand awareness merupakan kesanggupan calon pembeli untuk mengenali, mengingat kembali suatu merk produk tertentu.

Brand awareness membutuhkan continum ranging (jangkauan kontinum) dari perasaan setiap orang sehingga konsumen yakin bahwa produk yang mempunyai brand tersebut telah dikenal sebelumnya. Dengan mengingat dan mengenali produk bahwa itu bagus, calon pembeli pembeli tidak akan ragu untuk membeli produk tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh brand awareness terhadap minat beli. Tak hanya itu brand awareness juga memiliki korelasi dengan intensitas pembelian, pangsa pasar, dan ekuitas merek penting lainnya, serta matrik bisnis. Adanya brand awareness dalam produk Anda membuat masyarakat mengingat dan membelinya.

Selain itu, faktor kepercayaan dari konsumen terhadap brand juga harus diperhatikan. Apalagi untuk menjaga agar para pelanggan tidak beralih memilih produk dari perusahaan pesaing-pesaing baru. Tentunya kepercayaan tersebut tidak langsung hadir dan langsung diberikan oleh perusahaan. Kekuatan brand, pengelolaan, dan keunikan serta inovasi yang dimiliki oleh perusahaan berperan cukup besar untuk membentuk brand itu.

Dilihat dari banyaknya pengguna sosial media pada jaman sekarang, maka tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mendapatkan brand awareness melalui sosial media. Anda dapat berpromosi secara luas dan bebas mendekripsikan kelebihan produk anda yang tidak dipunyai oleh perusahaan pesaing. Dengan demikian, brand awareness terhadap keputusan pembelian memang sangat berkaitan.

 
Keywords : pengaruh brand awareness terhadap minat beli,brand awareness terhadap keputusan pembelian,brand awarenesss dan keputusan pembelian