Kini pelaku e-commerce mulai melebarkan sayapnya dan menjadi sangat berlimpah. Hingga akhirnya diciptakan sebuah ketentuan tentang pajak penghasilan pada e-commerce. Lalu bagaimana menghitung pajak penghasilan untuk e-commerce tersebut? cara menghitung pajak penghasilan untuk bisnis e-commerce tidak berbeda dengan transaksi dagang biasanya.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Dirjen Pajak pada surat edarannya bernomor SE/62/PJ/2013 yang berisi tentang penegasan dari ketentuan perpajakan untuk transaksi e-commerce, menegaskan jika perlakuan terkait perpajakan antara transaksi e-commerce dengan transaksi perdagangan maupun jasa lainnya tidak ada perbedaan. Sehingga didapati penghitungan pajak pada e-commerce sama dengan penghitungan transaksi perdagangan barang ataupun jasa pada umumnya.

Jika online marketplace merchant sebagai pengguna jasa adalah Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan yang ditetapkan sebagai pemotong PPh, maka pengguna jasa harus melakukan pemotongan PPh pasal 23 pasal 21 atau pasa 26 sesuai sebagaimana ketentuan yang berlaku. Untuk tarif PPh pasal 23 atas pembelian dari jasa perantara pembayaran ialah 2% yang didapat dari jumlah bruto namun tak termasuk PPN.

Menghitung pajak pada e-commerce cukup mudah, tetapi bagi yang tidak mempunyai NPWP, tarif pemotongan lebih tinggi 100%, yakni menjadi 4% dari jumlah bruto yang tidak termasuk PPN. Kini penghitungan pajak pada e-commerce dapat dilakukan secara otomatis menggunakan online pajak, jadi jika anda masih bingung terkait bagaimana menghitung pajak penghasilan untuk e-commerce dapat mencobanya menggunakan penghitungan online.

Namun jika ingin mengetahui cara menghitung pajak penghasilan manual juga bisa, yakni dengan menghitung sesuai dengan PPh pasal 21. pajak penghasilan pada e-commerce harus anda pelajari, karena bagaimanapun itu merupakan kewajiban kita sebagai pebisnis. Selain itu, pentingnya menghitung pajak penghasilan juga akan berimbas pada penghasilan negara. 

Selain menghitung pajak pada e-commerce, pengetahuan tentang subyek pajak terhadap penjualan online marketplace merchant, serta beberapa obyek dan tarif yang diberlakukan juga penting anda pelajari. Pentingnya menghitung pajak penghasilan ini juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha anda, jadilah pengusaha yang jujur dan terus terang terhadap pajak.  

 
Keywords : cara menghitung pajak,pajak pendapatan,bayar pajak online,pajak pada e commerce