Bisnis e commerce merupakan bisnis yang paling banyak diminati oleh sebagian besar orang saat ini. tidak hanya praktis, para pebisnis pemula pun bisa dengan mudah menjaring pelanggan melalui bisnis e commerce. Namun meski bisnis ini banyak menguntungkan, saat memulainya anda harus mencermati beberapa kesalahan bisnis e commerce yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

Mengapa? Agar bisnis yang anda jalankan tidak merugi atau bahkan gagal di tengah jalan. Agar lebih paham, berikut kami berikan rangkuman 12 kesalahan bisnis e commerce yang pernah dilakukan oleh pebisnis.

Pertama ialah terlalu percaya diri. Para pebinis e commerce yang terlalu percaya diri bahwa hanya dengan mengelola bisnis e commerce tanpa melakukan upaya peningkatan mutu sebenarnya sedang melakukan kesalahan fatal.

Kedua, tak adanya fasilitas penunjang. Fasilitas penunjung berupa layanan telefon juga sangat penting dalam sebuah bisnis e commerce. Bahkan fasilitas ini bisa menjadi tonggak keberhasilan bisnis.

Ketiga, tidak mengenali sistem SBO yang baik. Apapun bisnis e commerce yang anda jalankan bila anda tidak membangun sistem SBO yang baik, kemungkinan transaksi bisnis anda juga tidak berjalan dengan baik. Kesalahan bisnis e commerce keempat ialah konsep yang tidak matang. Bila konsep bisnis e commerce tidak jelas maka arah perjalanan bisnis anda tidak jelas pula. Dan hal ini adalah kesalahan yang harus dihindari.

Kelima, tak ada terobosan baru. Tanpa ide-ide baru dan unik serta berbeda maka mustahil bisnis e commerce akan dikenal masyarakat luas. Keenam, meniru yang sudah ada. Meniru sesuatu yang telah ada tanpa melakukan perombakan justru akan membuat bisnis anda terkesan tidak memiliki karakter sendiri.

Keenam tidak ada interaksi dengan pelanggan. Pelanggan merupakan target yang harus dikenal dengan baik. Tanpa adanya interaksi, mustahil juga kita bisa mengenal pelanggan bisnis e commerce.

Kesalahan bisnis e commerce ketujuh ialah harga produk lebih mahal. Produk yang mahal juga mempengaruhi minat pelanggan. Kebanyakan pelanggan menyukai harga produk yang lebih murah.

Kedelapan, melupakan sarana yang diperlukan pelanggan. Inilah yang kerap kali terlupakan karena sarana merupakan salah satu hal yang penting.

Kesembilan, melupakan kepuasan pelanggan. Tak jarang pebinis e commerce yang melupakan kepuasan pelanggan saat bisnis sudah mulai berkembang.

Kesepuluh, sistem download yang lambat. Hal ini juga merupakan kesalahan yang musti dihindari.

Sebelas, sistem pemasaran yang buruk. Karena pangsa pasar merupakan tolak ukur utama dalam berbisnis maka sistem pemasaran yang buruk akan sangat mempengaruhi minimnya pendapatan.

Dan terakhir ialah tidak memahami betul bisnis yang akan dijalankan. Bila arah dan targetnya saja tidak diketahui maka kerunyaman dalam berekspektasipun tak dapat dihindarkan.

Itulah 12 kesalahan bisnis e commerce yang sering diabaikan oleh pebisnis saat memulai bisnis tersebut. Anda dapat menjadikan kesalahan-kesalahan di atas sebagai pertimbangan dalam memulai bisnis e commerce.

 
Keywords : startup gagal,menghindari gagal di startup,Startup Indonesia,startup adalah,startup bisnis,startup sukses,startup gagal,pendanaan startup,perusahaan IT,logo startup,website startup,startup IT,program