Online shop merupakan sebuah toko yang menawarkan produk berupa barang melalui internet secara online. Jadi, Anda hanya duduk di depan komputer, memilih-milih barang dan harga sesuai kebutuhan, lalu bertransaksi hingga mengirimkan sejumlah uang untuk membayar. Selanjutnya, barang yang Anda beli akan diantar ke rumah Anda.

Kemudahan yang didapatkan oleh para pembeli membuat online shop semakin digandrungi oleh masyarakat. Tak heran jika sampai detik ini online shop semakin banyak jumlahnya. Namun, disamping semua kemudahan tersebut, Anda juga harus mewaspadai adanya pihak tertentu yang ingin melakukan penipuan melalui jual beli via internet.

Jadi, Anda sebaiknya harus mengetahui tips belanja di online shop agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggaungjawab. Berikut ini tips belanja di online shop agar terhindar dari penipuan untuk Anda yang memiliki hobi belanja online:

1.      Cek Identitas Online Shop

Tips belanja di online shop agar terhindar dari penipuan yang utama adalah mengecek identitas online shop tersebut. Hal ini arena banyak kasus pihak tertentu yang menyamar dan mengatasnamakan online shop tertentu. 

2.      Sebaiknya Pilihlah Metode Pembayaran yang Aman

Adapun caranya adalah dengan menggunakan rekening bersama atau pembayaran melalui PayPal. PayPal memberikan fasilitas asuransi (semacam perlindungan pembelian) sebesar USD 1.000 untuk barang yang tidak diterima atau tidak sesuai dengan deskripsi online shop.

3.      Mintalah Resi Pengiriman

Resi pengiriman memudahkan Anda untuk melacak sedang ada dimana posisi barang yang Anda beli (tracking).

4.      Jangan tergiur Akan Diskon/Promo

Jika diskon yang diberikan terlalu besar dan terlihat tidak masuk akal, sebaiknya Anda tidak langsung percaya dan akan lebih baik jika menghindarinya saja. 

5.      Memilih Sistem Cash On Delivery

Tips belanja di online shop yang terakhir adalah memilih sistem COD. COD adalah tips yang paling efektif untuk terhindar dari penipuan. Melalui sistem ini, Anda dengan mudah dapat memeriksa barang dan membayar secara langsung kepada penjual karena penjual akan mendatangi Anda.

 

Itulah 5 tips belanja di online shop agar terhindar dari penipuan. Dengan selalu waspada, maka Anda akan mendapat kenyamanan serta kepuasan dalam belanja online.

 
Keywords : tips belanja online,barang barang online murah,diskon belanja online,buka online shop