Semakin canggihnya teknologi dan internet sekarang ini sangat berkembang. Pasalnya kemudahan yang diberikan oleh layanan berbasis digital telah mengubah gaya hidup. Terlebih lagi digitalisasi memang tak bisa terhindarkan lagi. Sekarang perlahan namun pasti, industri konvensional mulai membuka diri, bahkan mempunyai layanan digital, termasuk industri asuransi.

Berdasarkan survey, sebanyak 90% perusahaan asuransi dalam negeri mengaku akan bertransformasi melalui pengembangan infrastruktur TI. Fakta tersebut menunjukkan betapa tingginya kesadaran perusahaan asuransi untuk beralih ke digital. Terdapat 6 kunci teknologi yang menjadi trend pada industri ini, yakni:

1. Infrastruktur dan produktivitas. Terdapat banyak perusahaan asuransi yang akan mempertimbangkan menggunakan jaringan cloud computing atau komputasi awan sebagai pilihan baik dalam pemrosesan penyimpanan data, serta pengumpulan.

2. Teknologi penjualan online. Lewat inovasi ini, perusahaan asuransi dapat menargetkan, menganalisis, mengindentifikasi kelompok pengguna.

3. Advance analytics. Dengan teknologi, maka perusahaan asuransi dapat mengetahui data rinci tentang kebutuhan dan preferensi dari pelanggan.

4. Machine learning. Melalui teknologi ini, semua sistem informasi akan terkumpul menjadi sebuah data baru, tanpa memerlukan pemrograman ulang. Penyedia jasa asuransi pun dapat menggunakan teknologi itu demi membuat laporan pertanggungjawaban, mengelola klaim polis asuransi, serta daftar harga.

5. Internet of thing. Pengaplikasian teknologi ini bisa berbentuk perangkat yang dapat dipasang dimobil, dirumah, dan gedung. Dengan demikian, perusahaan asuransi dapat mengetahui data penggunaan barang yang diasuransikan.

6. Virtual reality. Penyedia layanan asuransi dapat memakai VR untuk membuat gambar tiga dimensi dari sebuah ruangan atau merekonstruksi sebuah kecelakaan secara rinci.

Mengetahui pentingnya digitalisasi dalam asuransi, karena itu PT Hensel Davest Indonesia (HDI) melalui platformnya Davestpay memberikan sarana kemudahan untuk siapapun yang ingin melakukan pembayaran iuran asuransi setiap bulannya. Bukan hanya itu, Davestpay juga menyediakan bermacam layanan seperti pembelian pulsa, PLN, BPJS, dan ribuan produk ecommerce lainnya.

 
Keywords : davestpay,asuransi,digitalisasi,pembayaranonline,ppob,paymentonline,aplikasi,fintech,technology,bayarangsuranonline