Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan industri keuangan menghimpun dana untuk memulihkan korban bencana di Palu dan Donggala. Sampai saat ini, jumlah dana yang sudah terkumpul sebesar Rp. 18,51 miliar. Selain itu, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) juga memberikan bantuan sebesar Rp 1,8 miliar.

Bantuan tersebut telah diserahkan OJK dan MES kepada Gubernur Sulawesi Tengah,   Longki Djanggola pada Acara OJK Peduli Bersama Industri Jasa Keuangan di Sulawesi Tengah pada Kamis (18/10). Bantuan yang dihimpun OJK ini berasal dari berbagai sumber, seperti  OJK, Ikatan Pegawai OJK. Selain itu juga ada dari pihak industri jasa keuangan, seperti Bursa Efek Indonesia, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), Perbanas, dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Tidak hanya itu, pihak perbankan juga ikut berkontribusi dalam penghimpunan dana ini. Berbagai bank tersebut adalah Bank Mandiri, BTN, MUFG, BNI, BCA, BRI, Bank DBS, Sumitomo Mitsui Financial Group, Bank Panin, Bank Permata, HSBC, Mayapada, Danamon, OCBC NISP, Sinarmas, BJB, Bank Nagari, Prudential, Maybank, Allianz, BTPN, dan CIMB Niaga.

Tidak lupa, Ciputra Life, Bank Panin Dubai Syariah, Sarana Kalteng Ventura, BCA Life, Asuransi Astra Buana, Bank India Indonesia, BBCA, Apparindo, Mandiri Inhealth, Bank Mizuho, Pegadaian, Astra Aviva Life, Panin Dai-Ichi Life, dan Bank Ganesha juga ikut memberikan bantuan.

Selanjutnya, Reasuransi Nasional, Bank ICBC, Bukopin, Asuransi Simas Jiwa, Sunlife Financial, Carlife Insurance, Bank Banten, Bank Resona Perdania, BNI Syariah, Jamkrindo Syariah, Perum Jamkrindo, APPI, Bank Victoria, dan Cigna juga ikut berkontribusi.

Himpunan dana yang terkumpul digunakan untuk pembangunan Rumah Hunian Sementara (Huntara) di lokasi-lokasi yang ditentukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. PT Adhi Karya (Persero) dipercaya untuk pembangunan Huntara tersebut.

Dengan cara yang berbeda, perusahaan fintech yang berfokus di Indonesia Timur, PT Hensel Davest Indonesia (HDI) juga terus melakukan penggalangan dana melalui platform DavestPay. DavestPay mengajak seluruh merchant untuk mendonasikan saldo mereka minimal Rp 5.000 untuk membantu korban bencana di Palu dan Donggala. Bantuan tersebut nantinya akan diserahkan ke pihak yang bertanggung jawab.

 
Keywords : davestpay,ppob,aplikasi,bantuan,donasi,Appterkini,Palu,Donggala,Sigi,teknologi,fintech