Berbagai kalangan berusaha melakukan penggalangan dana untuk korban bencana di Palu dan Donggala. Sudah banyak penggalangan dana yang dilakukan seperti turun ke jalan dan lain-lain. Bahkan, perusahaan fintech pun ikut berkontribusi dalam penggalangan dana bencana di Palu dan Donggala. Tidak ketinggalan, perusahaan raksasa jejaring sosial media seperti Facebook pun ikut memberikan bantuan.

Facebook bersama dengan Whatsapp memberikan bantuan sebesar Rp 15 Miliar bagi korban bencana di Palu dan Donggala melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Hal itu dikarenakan banyak orang yang Penanggulangan Krisis di Facebook. Selain itu juga, masyarakat banyak memberikan informasi, meminta bantuan, hingga penggalangan dana melalui Facebook.

Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook mengatakan bahwa pikiran mereka selalu tertuju pada orang-orang di Indonesia bersamaan dengan proses pemulihan akibat bencana yang menimpa Palu dan Donggala. Warga Palu dan Donggala menggunakan Group Facebook  Info Kota Palu untuk berbagi informasi terkini tentang lokasi dan tempat mendapatkan bantuan.

Selain itu, Facebook juga melakukan penggalangan dari Adventist Development and Relief Agency (ADRA) International. Penggalangan dana tersebut berhasil terkumpul sebesar Rp 859 juta di Facebook untuk Dana Darurat Tsunami Indonesia. Selain itu, penggalangan dana dari World Vision telah terkumpul sebanyak Rp 300 juta untuk membantu korban selamat dan menyediakan makanan, air, serta tempat pengungsian.

Facebook mengatakan siap mendukung pemerintah untuk melakukan proses pemulihan dan membantu komunitas, termasuk LSM dan bisnis kecil yang terkena dampak bencana. Selain itu, Facebook juga menambahkan akan membantu pelaku usaha kecil memulihkan usaha mereka melalui program Laju Digital.

Tidak hanya Facebook, PT Hensel Davest Indonesia (HDI) yang berfokus di Indonesia Timur pun ikut melakukan penggalangan dana melalui DavestPay. HDI berharap agar mitra DavestPay bersedia menyisihkan saldo mereka minimal Rp 5.000 untuk membantu korban bencana di Palu dan Donggala. Dana yang terkumpul nantinya akan didonasikan kepada PMI ataupun pihak-pihak yang bersangkutan.

 
Keywords : facebook,donasi,gempa,palu,donggala,bantuan,davestpay,fintech