Indonesia kembali berduka setelah gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Kabupaten Donggala, Kota Palu dan sekitarnya pada pukul 18.02 WITA pada tanggal 28/09/2018. Gempa bumi tersebut mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 1,5 menghantam kota Palu sesaat setelah terjadinya gempa. Titik pusat gempa tersebut berada di kedalaman  11 Km dan pada arah 26 km utara Donggala.

Tidak hanya itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bahwa telah terjadi gempa susulan di Palu dan Donggala sebanyak 254 kali. Gempa dan tsunami itu menyebabkan kerusakan dan jatuhnya korban jiwa terus bertambah. Pada hari selasa (02/10/18), BNPB mengatakan bahwa jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala mencapai 1.234 orang. Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah mengingat evakuasi belum dilakukan secara menyeluruh.

Para korban gempa akan dikuburkan secara masal. Untuk mengidentifikasi korban, tindakannya dilakukan secara cepat dengan memotret wajah dan tanda-tanda khusus korban. Sampai saat ini, korban yang meninggal sebagian besar diakibatkan oleh tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa.

Sampai saat ini, sudah didirikan posko-posko untuk para pengungsi. Berbagai kalangan membuat aksi untuk meringankan beban dari para pengungsi. Mulai dari driver ojek online, mahasiswa, sampai perusahaan fintech terus menyalurkan donasi bagi para korban bencana alam. Bantuan yang dibutuhkan sampai saat ini adalah makanan sehat siap makan serta air bersih dan pakaian.

Menyadari bahwa duka palu dan Donggala adalah duka seluruh masyarakat Indonesia, salah satu perusahaan fintech yang berfokus di Indonesia Timur, PT Hensel Davest Indonesia (HDI) melakukan penggalangan dana melalui platform DavestPay. Tentu HDI yang berkomitmen untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia Timur tidak bisa tinggal diam melihat bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala.

Prosedur penggalangan dana melalui DavestPay sangat mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui smartphone. Paramitra DavestPay diharapkan menyisihkan saldo mereka sebesar Rp. 5.000 untuk didonasikan. Penggalangan donasi ini akan dibuka selama satu minggu tapi tidak menutup kemungkinan akan dipercepat ataupun diperpanjang tergantung dari donasi yang sudah dikumpulkan.

Donasi yang sudah dikumpulkan mitra DavestPay akan disatukan ke dalam satu rekening dan langsung diserahkan kepada pihak yang bersangkutan, seperti rumah sakit, ACT, pemerintah setempat, dan lain-lain. Besar harapan DavestPay bahwa dana yang terkumpul dapat meringankan beban para korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

 
Keywords : gempa bumi,galang dana,sumbangan,palu,donggala,bencana alam,tsunami,davestpay,fintech