Berdasarkan survei, baru 10% penduduk Indonesia yang pernah berbelanja online dan 90% sisanya masih mengandalkan cara tradisional. Hal tersebut menunjukkan banyaknya marketplace dan e-commerce belum mampu membuat masyarakat Indonesia terbiasa dalam berbelanja online. Hal tersebut membuat DavestPay dan Bukalapak menggandeng warung tradisional untuk mengenalkan produk belanja online.

DavestPay dan Bukalapak menilai bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia masih takut berbelanja di e-commerce karena metode pembayarannya. Oleh karena itu, ke dua platform digital tersebut memiliki strategi yang mirip agar masyarakat tidak takut untuk belanja di e-commerce. Bukalapak akan menyasar warung tradisional, namun belum diketahui pasti ruang lingkup warung tradisional yang akan disasar.

Sementara itu, DavestPay yang merupakan platform dari PT Hensel Davest Indonesia (HDI) akan menyasar toko kelontong yang ada di Indonesia Timur. HDI merupakan perusahaan fintech lokal yang berfokus di Indonesia Timur. Hal tersebut dilakukan HDI karena sampai saat ini belum ada perusahaan fintech yang fokus dalam mengembangkan potensi di Indonesia Timur.

DavestPay memberikan peluang bagi toko-toko tradisional untuk menambah penghasilannya melalui produk-produk digital yang semakin banyak dicari oleh orang-orang. Produk digital yang dimaksud adalah pembelian pulsa, token listrik, voucher digital, tiket pesawat, hingga pembayaran tagihan BPJS, PDAM, dan cicilan kendaraan bermotor.

Saat ini HDI memiliki ratusan ribu jaringan agen yang merupakan individu ataupun perusahaan yang jalur distribusi maupun reseller dari produk-produk digital DavestPay. Kedepannya, HDI berupaya untuk menambah 200.000 jaringan toko-toko tradisional di Indonesia Timur.

HDI merupakan perusahaan fintech yang terintegrasi. Oleh karena itu, selain melalui DavestPay, HDI juga memiliki empat anak perusahaan, yaitu Emposh, BiroPay, MoTransfer, dan PinjamAja untuk meningkatkan inklusi keuangan dan cashless society agar pengangguran dan kemiskian dapat berkurang di Indonesia Timur.

 
Keywords : davestpay,bukalapak,belanja online,online shop,warung,tradisional,UMKM,fintech