Pesatnya perkembangan digital tentu membuat banyak pihak harus terus berinovasi dan meyesuaikan diri. Salah satu perusahaan besar yang merambah dunia digital adalah PT Astra Internasional Tbk (ASII). Astra mendirikan bisnis digital bernama Astra Digital.  Menguatkan sekmen otomotifnya, Astra meluncurkan 3 platform digital sekaligus, yakni Seva.id, CariParkir, dan Sejalan.

Seva.id merupakan platform marketplace di bidang otomotif dan property sampai pada layanan purna jual. CariParkir merupakan platform yang memudahkan pengguna menemukan tempat parkir sekaligus bisa memesan slot parkir. Canggihnya lagi, aplikasi ini dapat menyiasati keterbatasan lahan parker yang tersedia. Selanjutnya, ada platform Sejalan yang merupakan layanan berbagi kendaraan.

Chief of Astra Digital, Djap Tet Fa mengatakan bahwa ikut ambil bagiannya Astra ke bisnis digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus bisa menciptakan ekosistem bisnis digital, terutama lewat startup. Hal itu diharapkan agar Astra dapat menjangkau dan mempererat hubungan mereka dengan pelanggan.

Industri otomotif memang memiliki prospek yang menguntungkan ke depannya. Selain itu, di Indonesia masih sangat sedikit platform dunia otomotif. Platform dari Astra Digital diharapkan dapat memberi warna baru bagi perkembangan dunia digital seperti saat ini.

Kekonsistenan Astra Internasional Tbk dalam segmen otomotif ternyata serupa dengan PT Hensel Davest Indonesia (HDI) yang konsisten dalam mengembangkan UMKM. Melalui DavestPay dan empat anak perusahaannya, yakni Emposh, BiroPay, MoTransfer, PinjamAja, HDI akan terus berfokus dalam meningkatkan potensi UMKM di Indonesia, khususnya Indonesia Timur. HDI melihat bahwa Indonesia Timur memiliki potensi yang besar untuk berkembang. Hal itu diharapkan agar inklusi keuangan dan cashless society dapat meningkat sehingga pengangguran dan kemiskinan dapat berkurang di Indonesia Timur.

 

 
Keywords : Davestpay,AstraDigital,HDI,UMKM,Otomotif,Aplikasiterbaik,Technology,IT