Pesatnya pertumbuhan financial technology (fintech) di Indonesia ternyata sangat membantu. Bagaimana tidak, banyak masyarakat Indonesia yang belum tersentuh layanan pembiayaan yang disediakan oleh bank. Oleh karena itu, fintech berperan penting di sana agar seluruh kalangan dapat menikmati layanan pembiayaan.

Bank Indonesia (BI) melihat bahwa fintech berperan dalam untuk mendorong pertumbuhan pembiayaan atau kredit yang selama ini tidak terlayani oleh bank-bank konvensional. Pertumbuhan ekonomi Indonesia dirasakan dapat meningkat lebih tinggi jika fintech mampu berperan secara maksimal.

Sampai saat ini, pertumbuhan ekonomi tumbuh 6 persen, Indonesia butuh pembiayaan yang tumbuh hingga 16 persen. Namun, sampai saat ini pertumbuhan ekonomi baru mencapai 13 persen. Ada pertumbuhan hingga 3 persen yang tidak bisa dipenuhi oleh bank konvensional. Oleh karena itu, fintech akan berperan untuk memenuhi pertumbuhan 3 persen tersebut.

Masyarakat saat ini belum banyak memiliki akses perbankan, namun hampir semua kalangan memiliki smartphone yang dapat menjadi wadah untuk layanan fintech. Hal ini membuat peluang untuk fintech sangat terbuka lebar.  Berdasarkan data bulan Januari 2018, sudah ada 135 perusahaan fintech yang berdiri di Indonesia. Ratusan perusahaan fintech itu mencatat pertumbuhan volume bisnis hingga Rp 3,5 triliun dalam kurun waktu setahun terakhir. Selain itu, fintech diharapkan dapat membantu pihak UMKM agar mereka semakin berkembang.

Salah satu perusahaan fintech yang ikut memperhatikan UMKM adalah PT Hensel Davest Indonesia (HDI). HDI merupakan fintech lokal yang berfokus di Indonesia Timur. Melalui platform DavestPay dan empat anak perusahaannya MoTransfer, BiroPay, PinjamAja, dan Emposh, HDI berusaha meningkatkan UMKM di Indonesia, khususnya di Indonesia Timur. Hal itu dilakukan HDI guna bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan dan cashless society sehingga pengangguran dan kemiskinan dapat berkurang di Indonesia Timur. Pasalnya, sampai saat ini belum ada perusahaan fintech yang benar-benar fokus dalam mengembangkan potensi di Indonesia Timur.

 
Keywords : DavestPay,Fintech,Pembiayaan,Perbankan,BankIndonesia,Bank,HDI,UMKM,Pinjamaja,Biropay,Motransfer,Emposh