Pendiri Alibaba Group, Jack Ma menyambangi Istana Kepresidenan Bogor untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan tersebut membahas beberapa hal, salah satunya mengenai peta jalan e-commerce di Indonesia. Pertemuan itu pun dihadiri pula oleh Menteri Informasi dan Komunikasi (Menkominfo), Rudiantara.

Dilansir dari Liputan6.com, pembahasan yang dilakukan Jokowi-Jack Ma juga membahas tentang talent atau sumber daya manusia. Pertemuan tersebut pun memunculkan ide untuk membuat Jack Ma Institute yang bertujuan untuk mengembangkan SDM Indonesia. Selain untuk memenuhi SDM dalam negeri, Indonesia diharapkan juga dapat menjadi pemasok SDM bagi negara-negara lainnya. Hal tersebut dikarenakan perkembangan ekonomi digital yang sangat pesat sementara sumber daya manusianya belum dapat mengimbangi.

Tidak hanya membahas SDM, pertemuan itu juga membahas pemanfaatan platform agar terjadi peningkatan ekspor Indonesia, khusunya ke Tiongkok.  Peta jalan e-Commerce sendiri membuat tujuh poin mengenai upaya pengembangan ekonomi digital. Tujuh poin tersebut meliputi sumber daya manusia atau talent, juga terdapat logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan keamanan siber.

 
Keywords : DavestPay,e Commerce,Jack Ma,Jokowi,Fintech,Kerjasama,AlibabaGroup,PertemuanPresiden,AsianGames