Pemerintah bekerjasama dengan PLN menggalakan sistem pembayaran listrik prabayar dari beberapa tahun lalu. Dengan adanya pembayaran listrik prabayar, maka masyarakat akan bisa menghemat pengeluaran karena sudah bisa menentukan biaya sesuai yang diinginkan.

Listrik prabayar atau listrik dengan voucher ini penggunaannya sama halnya ketika membeli voucher pulsa untuk isi ponsel. Hanya dengan menekan nomor kode voucher maka listrik akan tertambah. Sebelum habis, meteran listrik akan memberikan peringatan untuk mengisi ulang kembali. Jika tak mengisi maka aliran listrik akan terputus.

Kedua macam sistem pembayaran listrik ini masih belum ada yang dominan karena rumah yang sudah ada sejak lama masih menggunakan listrik pascabayar, namun karena banyaknya rumah yang dibuat sekarang ini membuat sistem pembayaran listrik prabayar juga semakin meningkat.

Sistem listrik pascabayar

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem pembayaran listrik pascabayar yaitu tersedianya listrik yang tak terbatas setiap bulannya. Namun haruslah berhati-hati jangan sampai terlena dalam menggunakan listrik jadi tagihan akhir bulan akan semakin membengkak.

Apabila penghuni tak melunasi tagihan, maka PLN akan memutus aliran listrik jadi rumah akan menjadi gelap gulita. Bukan hanya itu, masuknya petugas PLN ke dalam rumah untuk mencatat angka di meteran listrik seringkali membuat risih pemilik rumah.

Untuk pelanggan listrik pascabayar, disarankan untuk memperhatikan besaran biaya pembayaran listrik perbulannya dari struk tagihan dengan besaran listrik pada meteran listrik. Kadangkala hasilnya berbeda dengan meteran listrik pada bargainser. Jika ditemukan selisih, laporkan pada petugas loket PLN, supaya kelebihan itu bisa masuk ke pembayaran selanjutnya. Jangan lupa juga untuk menulis setiap detail pembayaran pada buku ataupun bukti pembayaran yang diberikan kode oleh petugas PLN.

Sistem listrik prabayar

Listrik prabayar biasa juga disebut sebagai listrik pintar ini memungkinkan penghuni bisa mengendalikan pemakaian listriknya sendiri. Alat bergainser pun tak lagi berbentuk analog namun digital yang bisa digunakan untuk memasukkan kode pengisian listrik.

Pemilik tak usah lagi khawati terkait harga voucher listrik karena harganya bervariasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, dimulai dari harga Rp 20.000 sampai Rp 2 juta. Kemudian jika terdapat kenaikan Tarif Daya Listrik, di listrik prabayar tak akan berpengaruh. Artinya kWH yang sudah masuk ke meter prabayar tak akan ikut naik.

Dengan menggunakan listrik prabayar, maka pemilik akan lebih dalam mengendalikan pengeluaran biaya listrik, tidak dikenakan denda karena keterlambatan membayar, pembelian disesuaikan dengan kemampuan, tak ada beban biaya bulanan, dan tak ada batas masa aktif selama kwh masih ada. Namun ketika pemilik masih membutuhkan listrik, mau tak mau ia harus ke tempat pembelian voucher listrik bahkan ketika tengah malam. Tetapi kondisi ini akan tidak terbebani jika pemilik listrik prabayar sudah menjadi merchant davestpay.com, karena hanya dengan menggunakan aplikasi davestpay.com, siapapun akan mudah melakukan berbagai jenis pembayaran termasuk jika ingin membeli token listrik ataupun membayar listrik pascabayar. Segera bergabung menjadi merchant Davestpay.com !

 
Keywords : listrik murah,bayar listrik online,listrik online,tagihan listrik