Tips mengatur keuangan- Sebagai mahasiswa sudah selayaknya kita pandai mengatur keuangan dengan benar. Tidak mudah menjadi mahasiswa terutama yang tinggal di daerah perkotaan dan jauh dari rumah keluarga. Ada banyak kebutuhan hidup yang mendera para mahasiswa seperti biaya kuliah, biaya buku, biaya kos dan biaya makan. Itu sebabnya mengapa kita harus tahu bagaimana tips mengatur keuangan.

Mengatur keuangan bagi mahasiswa menjadi hal wajib yang perlu diperhatikan. Tips mengatur keuangan dengan mudah dan menyenangkan alam mahasiswa bisa kita pelajari sebagai berikut:

1. Konsep pengeluaran

Rajinlah membuat pemetaan pengeluaran dan pisahkan uang yang kamu simpan berdasarkan kebutuhan yang akan diinginkan. Kebutuhan wajib yang umumnya diperlukan mahasiswa antara lain kebutuhan transport, makan, kos, biaya keperluan lainnya dan biaya tak terduga.

2. Tabung dan jangan habiskan

Berdasarkan hukum ekonomi, ada baiknya sebagai mahasiswa mampu menyisihkan 30% penghasilan atau uang saku untuk ditabung. Sehingga bila suatu saat ada kebutuhan tak terduga atau darurat, kamu bisa memanfaatkannya.

3. Mencatat pengeluaran

Mencatat pengeluaran akan membantu kamu mengetahui kemana uang yang kamu miliki dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan. Kamu bisa menyesuaikan periode pengeluaran uang misal harian, mingguan dan bulanan. Usahakan disiplin dalam membuat catatan pengeluaran.

4. Prioritaskan yang utama

Tips mengatur keuangan ini bisa dibilang sangat penting. Sebagai mahasiswa pasti menjumpai biaya tak terduga yang mendesak dan penting seperti biaya untuk membeli buku, biaya untuk mengerjakan tugas dan sebagainya. Tunda berlibur atau hangout bersama teman bila ada kebutuhan lain yang lebih mendesak dan penting.

5. Rencana tambahan

Agar rutinitas dan pengeluaran tidak terlalu membebani uang sakumu, kamu bisa mencoba memanfaatkan usaha kecil-kecilan untuk menambah pendapatan. Langkah ini juga efektif membantu dan menjadi salah satu tips mengatur keuangan yang sesungguhnya. Selain itu, kamu juga terlihat lebih mandiri misalnya mencoba usaha menjual pulsa elektronik atau bisnis makanan.

Lima tips mengatur keuangan yang mudah alam mahasiswa. Mahasiswa memang harus pandai mengatur keuangan sebagai salah satu langkah awal kamu dalam menata kehidupan yang akan datang.

 
Keywords : Cara sukses jadi pengusaha online,menjadi pengusaha online yang sukses,sukses di usia muda,cara sukses di usia muda