Kepulauan Kei yang ada di Maluku Tenggara memang masih kurang dikenal oleh wisatawan jika dibandingkan dengan destinasi wisata Raja Ampat ataupun Wakatobi. Tetapi karena hal ini, maka banyak wisatawan yang penasaran dengan Kepulauan Kei.

Tahun lalu, Kementerian Pariwisata memberikan predikat kepada Kei sebagai ‘Harta Tersembunyi yang Paling Populer di Indonesia’. Pulau yang menunggu wisatawan itu merupakan Kei Kecil dan Kei Besar. Kota Kabupaten berada di Langgur, Pulau Kei Kecil. Disini juga terdapat Bandara Internasional Karel Satsuitubun.

Untuk mencapai Kei, wisatawan hanya bisa memakai penerbangan dari Jakarta ke Ambon lalu ke Langgur dengan harga tiket sekitar Rp 2,5 juta sekali perjalanan. Sementara untuk akomodasi, penginapan bintang tiga dengan harga sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu ada di Kei Kecil dan Kei Besar. Homestay penduduk dengan harga yang terjangkau juga banyak.

Untuk atraksi wisata, Kei menyuguhkan wisata bahari baik itu bermain di pantai dengan pasir putih, ataupun menyelam di Laut Banda. Waktu terbaik mengunjungi Kei pada saat Meti. Meti Kei merupakan fenomena pasang surut air laut yang bisa mencapai lima hingga 6 km. Dari yang sebelumnya harus memakai perahu ke pulau lain, pada waktu terjadi Meti maka bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Meti Kei selalu tepat pada tanggal 22 dan 23 Oktober/tahunnya. 

 
Keywords : kepulauan kei,pulai kei,maluku tenggara,trip murah