Sebaiknya berhentilah meremehkan keberadaan pohon bambu yang ada pada kawasan gunung, apalagi jika terdapat dilokasi gunung berapi. Sebab tanaman beruas ini mempunyai peran yang penting untuk masyarakat yang ada di kawasan gunung berapi.

Pohon bambun bukan hanya bisa bermanfaat untuk membangun rumah. Tetapi bisa dimanfaatkan lebih dari itu. Bambu juga bisa berguna dalam pengalih awan panas dari gunung berapi dan bisa melindungi masyarakat yang berada di kawasan gunung itu.

Kenyataanya bambu bisa memberikan peringatan dini jika terjadi erupsi gunung berapi yang bakal terjadi. Seorang siswi SMA Negeri 1 Yogyakarta yaitu Azizah Dewi Suryanigsih melakukan penelitian tentang kemampuan pohon bambu dalam mendeteksi erupsi gunung berapi. Hasilnya pun mengungkapkan bahwa pohon bambu bisa memberikan peringatan dengan cara mengeluarkan sebuah bunyi ‘pletek-pletek’ jika terjadi erupsi pada gunung.

Siswi ini juga menuturkan bahwa bunyi yang muncul tersebut karena adanya peningkatan pada temperatur. Dari meningkatnya temperatur tersebut, lalu bambu pecah dan mulai mengeluarkan bunyi yang bisa dipakai oleh warga sebagai peringatan awal.

Penelitian yang sangat sederhana ini mempunyai manfaat yang besar untuk masyarakat yang berada disekitar gunung berapi. Penelitian ini akan disertakan pada kompetisi penelitian di Intel International Science and Engineering Fair (IISEF), dan bisa membawa Azizah memperoleh juara pertama dalam lomba karya Tulis Ilmiah Remaja tahun 2016 bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian.

 
Keywords : bambu,manfaat bambu,mendeteksi letusan gunung berapi,jalan jalan murah