Apakah aman jika bepergian ketika sedang hamil? Apalagi jika menggunakan via udara yaitu pesawat. Pastinya para ibu juga tidak usah khawatir mengenai naik pesawat terlebih lagi jika perjalanan jarak jauh. Karena selama ini, maskapai penerbangan juga tidak pernah melaranag ibu hamil untuk naik pesawat. Namun justru kekhawatiran yang berlebihan bisa mempengaruhi keadaan ibu hamil ketika terbang nanti.

Supaya nyaman dan tenang berikut ini beberapa tips untuk ibu hamil yang akan membantu dalam penerbangan nanti.

Konsultasi dengan dokter

Hal ini merupakan yang paling penting karena berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk aktivitas berisiko misalnya terbang dengan pesawat bisa membantu kesiapan ibu hamil ketika terbang nanti. Berilah pertanyaan mengenai apa yang boleh dan tak boleh dilakukan ketika berada dipesawat. Bertanya langsung kepada ahli pastinya akan lebih menenangkan daripada dari sumber yang belum tentu kebenarannya.

Waktu terbang yang tepat

Bagi ibu hamil sebaiknya merencanakan terbang dihari-hari yang penumpang bandara tidak terlalu banyak seperti hari menjelang lebaran. Pasalnya penumpang yang banyak akan membuat bandara terasa sesak dan akan membuat ibu hamil tidak nyaman.

Tetapi jika ibu hamil hanya bisa terbang diwaktu-waktu libur, pilihlah waktu penerbangan dimalam hari atau penerbangan pagi. Karena suasana dibandara belum ramai dan suasana dalam kabin akan lebih nyaman serta sejuk. Sementara disiang hari biasanya lebih panas dan membuat gerah. Selain itu penerbangan dimalam hari juga bisa membuat ibu hamil lebih cepat tertidur jadi nyaman selama perjalanan.

Duduk didekat lorong

Ibu hamil seringkali memiliki kebutuhan lebih untuk ke kamar kecil. Duduklah didekat lorong untuk memudahkan mobilitas dan tak mengganggu penumpang yang lain. Jadi ketika cek ini, mintalah ke petugas untuk mendapat kursi didekat lorong.

Bukan hanya itu, selama hamil biasanya mudah mengalami kram. Ketika berada dipesawat kemungkinan kram tetap saja bisa terjadi. Jadi duduk didekat lorong bisa membuat ibu hamil lebih legah. Ibu hamil bisa menggerakkan kaki, berjalan-jalan kecil dilorong, dan stretching 4-5 menit untuk menggerakkan leher, bahu, sampai ujung kaki.

Kenakan pakaian yang nyaman

Memakai pakaian yang longgar bakal lebih melegakan ketika duduk dan berdiri. Lebih baik  hindari pakaian yang banyak aksesori sebab bakal menyulitkan ibu hamil ketika memasang dan melepas sabuk pengaman pesawat ketika ke kamar kecil, dan juga saat naik dan turun pesawat.

Pakaian yang nyaman juga termasuk sepatu yang nyaman misalnya sepatu flats dan cocok untuk kaki. Adapula stocking khusus untuk ibu hamil ketika berada diatas pesawat yang bisa diperoleh di apotek. Stocking ini bermanfaat supaya mencegah terjadinya pembekuan darah karena kram terutama untuk penerbangan yang lama.

Jangan lupa juga untuk membawa jaket atau syal. Karena bisa saja suasana kabin ketika terbang akan menjadi lebih dingin terlebih lagi untuk penerbangan malam ataupun subuh. Jadi letakkan jaket dan syal yang mudah untuk dijangkau oleh ibu hamil.

 
Keywords : liburan bagi ibu hamil,tips liburan,tips asyik berlibur,liburan santai,tiket murah