Jika anda jalan jalan ke kota Bogor, anda bisa menemukan kue kue tradisional di toko Permai Bogor yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman nomor 23, Bogor. Toko kue ini buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

Bagi pecinta kue yang sering berkunjung ke Bogor, mungkin tidak asing dengan Toko Bogor Permai. Toko yang terkenal dengan roti dan aneka kue tradisionalnya ini telah eksis sejak tahun 60-an.

Venny Cahyuni selaku Marketing Manager Bogor Perma mengatakan kalau dia juga tidak tahu persis kapan toko tersebut resmi berdiri.

"Pemiliknya dahulu juga kurang tahu kapan tepatnya toko ini berdiri. Yang pastinya menu tradisionalnya mulai dari bahan samapi proses pembuatannya masih dijaga hingga saat ini. Makanya terkenal sebagai toko roti jadul,” ujarnya.

Berbagai kue “jadul yang bisa anda temukan di sini ialah klepon, naga sari, bugis, talem pandan, kue pisang dan lain sebagainya.

Tidak hanya kue, roti “jadul”-nya juga tetap menjadi incaran dan ciri khas dari Toko Bogor Permai ini. Roti yang dijual di sana beraneka ragam, mayoritas roti model lama seperti roti tapal kuda, roti selai nanas, roti keset dan yang special dan masih disediakan ialah roti gambang.

“Rotinya dibuat tanpa pengawet dan tanpa pengembang instan alias ragi dari amoeba langsung,” keunikan lainnya dari proses pembuatan kue dan roti tradisonal di toko ini yaitu telur yang digunakan juga masih telur ayam kampung dan prosesnya pembuatannya masih menggunakan tangan bukan mesin cetak.

Venny mengatakan karena bahan-bahan yang digunakan masih bahan tradisional, jadi bisa mengembang sendiri tanpa mesin tetapi memang membutuhkan waktu. Makanya kita mulai buat jam 5, baru jadi jam tujuhan”.

Hasilnya rasanya jelas beda dan kalau makan roti ini lebih kenyang karena bahan baku dan cara mengembangnya. Kalau disimpan sampai besok rotinya juga semakin padat,” tutur Venny.

Ia bercerita bahwa toko legendaris ini dulunya merupakan sebuah kamar mandi umum, diperuntukan bagi penumpang bus kota yang beristirahat.

Lalu Budianto Purbojo (alm) selaku pemilik mencoba menjual kue basah buatan istrinya untuk dijual ke penumpang bus. Sampai saat ini toko tersebut sudah dikelola oleh generasi ketiga dari sang pelopor.

Kini penikmatnya memang dari kalangan keluarga atau orang tua yang membawa anak-anaknya untuk makan atau sekedar mencicipi uniknya cita rasa kue terdahulu.

“Sekarang kebanyakan pelanggan itu dari orang tua menengah ke atas, yang malas ke pasar atau udah ga bisa jadi ke sini. Gak jarang mereka bawa anak-anaknya,” ujar Venny.

Untuk harga kue basah dihargari mulai Rp 2.000 hingga Rp 4.000. Sedangkan untuk roti mulai Rp 5.000 hingga sekitar Rp 20.000.

 
Keywords : bogor,bogor permai,wisata bogor,kuliner bogor,tiket murah bogot