Mudik naik bus umum memang banyak dipilih oleh para mudikers untuk memudahkan untuk pulang ke kampung halaman. Tetapi, mudik dengan kendaraan umum juga mempunyai resiko yang tinggi demi keamanan sendiri dan keluarga.

Tidak sedikit orang jahat yang memanfaatkan waktu untuk mencuri dan menipu ketika berada diperjalanan. Sehingga mudikers harus berhati-hati dan persiapkan perjalanan dengan matang.  Terlebih lagi untuk menjaga barang-barang bawaan. Dibawah ini merupakan tips aman ketika naik bus saat mudik lebaran untuk mudikers.

Sisihkan uang kecil

Ketika berada di terminal, sebaiknya untuk memisahkan uang kecil yang mencukupi biaya makan dan juga kamar kecil. Dengan demikian, tak perlu lagi untuk menarik perhatian orang jahat untuk mencuri uang mudikers.

Lebih baik juga untuk tidak membawa banyak uang cash, sebab hal ini akan membuat mudikers jadi sasaran empuk mereka.

Pisahkan barang bawaan

Sangat direkomendasikan untuk memisahkan barang bawaan. Barang berharga misalnya laptop, telefon, kamera lebih baik satu tas dengan dompet. Lalu, gunakan tas yang kuat, dan juga dikunci memakai gembok.

Jangan meninggalkan barang bawaan

Apabila memakai bus, sangat tidak disarankan untuk meninggalkan barang bawaan di bus kemanapun itu.

Karena ketika istirahat, bus seringkali menjadi incaran orang-orang jahat untuk mencuri barang berharga penumpang yang sedang istirahat makan. Jadi tetap berhati-hati sepanjang perjalanan.

 
Keywords : tips mudik,tips aman mudik,mudik lebaran 2017,aman saat mudik