Ibu hamil menjadi satu golongan orang yang lemah ketika melakukan perjalanan mudik. Banyak hal yang harus diperhatikan supaya dapat menjaga kesehatan dan keselamatan diri ketika mudik.

Berikut merupakan tips yang harus diperhatikan bagi ibu hamil ketika bermudik.

Konsultasi pada dokter

Sebelum melakukan perjalanan mudik, ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter. Antenatal care merupakan yang sangat dibutuhkan untuk memantau kesehatan dari ibu hamil. Biasanya harus melakukan tes darah dan melakukan cek kesehatan lain yang mendukung kesehatan dari janin.

Jangan bepergian sendirian

Seorang ibu hamil tak boleh pergi mudik sendirian. Walaupun tidak mengharapkan  suatu kejadian, setidaknya pergi dengan orang terdekat bisa melindungi diri dari kejadian yang tak diinginkan saat perjalanan.

Bawa bekal yang cukup

Ketika mudik, bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup. Jangan mengandalkan rest area, ketika terasa lapar dan haus, segera konsumsi bekal supaya tubuh tetap sehat pada perjalanan.

Memilih kendaraan yang aman

Apabila mau lebaran, pilihlah kendaraan yang aman. Sebaiknya jangan pakai kendaraan darat apabila harus menempuh perjalanan yang jauh. Terdapat banyak risiko yang bisa ditemui selama perjalanan. Jika memang harus naik pesawat dan kereta, sebaiknya meminta surat dokter supaya lebih aman.

 
Keywords : tips mudik,mudik untuk ibu hamil,tips mudi ibu hamil