Indonesia yang terdiri dari 17,000 lebih pulau, memiliki banyak sekali obyek wisata yang menjadi tujuan favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Setiap tahunnya, pemerintah menganggarkan dana untuk mengembangkan 60 hingga 80 lokasi wisata di seluruh Indonesia yang sayangnya, hanya memiliki dampak yang kecil. Dengan pengecualian pulau Bali.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mempercepat pembangunan 10 destinasi wisata baru untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

Kementerian Pariwisata, melalui programnya “Wonderful Indonesia” berupaya mempromosikan sejumlah obyek wisata seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Pantai Tanjung Kelayang di Pulau Belitung, Pantai Tanjung Lesung di Banten, Candi Borobudur Jawa Tengah, Kepulauan Seribu Jakarta, Gunung Bromo dan Semeru di Jawa Timur, Pantai Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Pulau Morotai di Maluku Utara.

10 lokasi wisata baru ini akan menjadi tumpuan utama pariwisata Indonesia, dan telah diklasifikasikan menjadi tiga jenis, meliputi pariwisata golf, pariwisata pesiar, dan pariwisata menyelam.

Untuk mengembangkan 10 lokasi wisata potensial ini, semua pihak harus turut bekerjasama, termasuk komunitas lokal, pelaku usaha pariwisata, dan organisasi terkait. Kerjasama ini dimaksudkan untuk membangun infrastruktur dan memperkuat daya saing.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli menyampaikan bahwa dengan cara focus kepada pembangunan 10 lokasi wisata ini, pemerintah dapat berkonsentrasi mengalokasikan dana untuk membangun akses jalan, infrastruktur laut.

Program pembangunan ini juga mendapat sambutan baik dari organisasi Perkumpulan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).Pemerintah dari jauh-jauh hari telah mengadakan promosi di sejumlah Negara, seperti Korea Selatan. Target pengunjung dari Negeri Ginseng diharapkan sebanyak 400,000 orang.

Sektor pariwisata sudah menjadi salah satu penyokong pilar ekonomi Indonesia, dan hingga tahun 2019 nanti diharapkan bisa menciptakan 13 juta lapangan pekerjaan, menarik 20 juta turis mancanegara, dan 275 juta turis lokal. Serta menaikkan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 8%.

 

Keywords : travel murah, tiket online, booking online, tiket tors, tiket murah, booking tiket online