Menunggu sore dan waktu untuk berbuka puasa, Kebun Binatang Ragunan cukup menarik untuk disambangi. Traveler pun dapat lebih mengenal aneka satwa di sana.

Berlokasi di daerah Jakarta Selatan, kebun binatang ini sangat mudah untuk dijangkau. Karena letaknya yang dekat dengan terminal busway dan juga dekat dengan terminal Ragunan.

Sebelum berada di Ragunan, kebun binatang ini pernah berlokasi di jalan Cikini Raya dengan luas 10 hektar, dan pada tanggal 22 Juni tahun 1966, kebun binatang ini pindah ke Ragunan dengan luas 30 hektar.

Misi yang dipegang teguh Taman Margasatwa Ragunan yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, dan rekreasi alam, disamping itu terdapat juga fungsi lainnya sebagai ruang terbuka hijau, paru-paru kota, dan daerah resapan air.

Dari waktu ke waktu, kawasan kebun binatang ini terus mengalami pembaharuan sebagai upaya meningkatkan ketertarikan pengunjung. Pembaharuan misalnya tersedianya kanopi-kanopi untuk wisatawan yang bisa berjalan walaupun cuaca panas dan hujan, dan juga terdapat tanaman serta pohon-pohon yang terawat.

Untuk pengunjung yang mau mengelilingi seluruh bagian taman namun takut keletihan jika berjalan kaki, sudah tersedia penyewaan sepeda. Tarif untuk sepeda tandem yaitu Rp 15.000/jam sementara sepeda single Rp 10.000/jam. Jadi menunggu waktu buka puasa di Ragunan, juga menyenangkan bukan?

 

 
Keywords : kebun binatang ragunan,ragunan,ragunan zoo