Untuk pencinta kuliner nusantara tentunya sudah taka sing lagi dengan es pisang ijo. Dari semua makanan khas Makassar,  Sulawesi Selatan, es pisang ijo sudah menjadi yang paling populer. Hidangan ini bahkan sudah dikenal pada seluruh sudut Indonesia.

Ketika bulan Ramadhan datang, es pisang ijo seringkali mewarnai pasar takjil atau bazar Ramadhan. Untuk sebagian orang, rasanya tidak sempurna jika belum mencoba hidangan ketika berbuka puasa.

Es pisang ijo sendiri berasal dari pisang kukus kemudian di balut kulit dadar yang berwarna hijau, kemudian disajikan dengan kuah kental yang berasal dari olahan kuah santan. Lalu sebagai pelengkap, pada bagian topping bakal dituangkan sirup berwarna demi menambah kenikmatan cita rasanya.

Kabarnya, bagi orang Bugis-Makassar hijau merupakan sebuah lambang keanggunan, dan menjadi warna sakral. Sementara dari sisi psikologi, warna hijau memberikan rasa yang damai dan nyaman.

Es pisang ijo memang mempunyai perpaduan warna hijau dan putih yang sangat menarik ditambah dengan penyajian dengan sirup yang berwarna merah, jadi sangat menggoda.

 
Keywords : makanan khas makassar,es pisang ijo makassar