Selain menawarkan wisata cantik pantai maupun laut, Nusa Tenggara Timur juga menyimpan keindahan dari alam di tengah hutan, Danau Rana Mese namanya.
Danau ini berada di Desa Golo Lobi, Kecamatan Borong dan berada di lintasan yang menghubungkan beberapa kabupaten pada Pulau Flores. Apabila mau merasakan nyanyian alam yang damai, cukup kunjungi saja danau ini. Sebab aka nada lantunan suara burung dan juga suara angin yang menggoyangkan pepohonan.
Pemerintah Provinsi NTT menjelaskan bahwa Danau Rana Mese berada dalam wilayah hutan lindung dan dikelilingi oleh gunung Poco Ranaka dan Mandosawu. Jadi memang sangat cocok menjadi tempat yang cantik untuk mencari kedamaian.
Letaknya berada pada ketinggian 1.200 m diatas permukaan laut. Tidak heran apabila suhu pada danau tersebut terbilang lumayan dingin. Danau ini mempunyai luas sekitar 11,5 hektar dengan kedalaman sampai 43 meter.
Ketika berkunjung kesana, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama hutan tropis yang mengitari danau dengan airnya yang sangat jernih menjadi penarik hati untuk berenang didalamnya. Namun karena air danau juga digunakan sebagai sumber air, jadi lebih baik tidak usah berenang.
Pemandangan dari danau ini membuat siapapun bisa memperoleh hasil fotografi yang keren. Selain itu, pengunjung juga dapat berkemah, memancing, dan trekking mengelilingi danau, sangat seru kan?
Apabila ingin mengunjungi Danau Rana Mese, pengunjung bisa menempuhnya dari Ruteng dengan perjalanan sekitar 21 km dengan jarak tempuh 30 menit. Pengunjung juga bisa menempuhnya lewat Borong dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

 
Keywords : dana ranamese,wisata danau indonesia,jalan jalan indonesia,tour ke indonesia