Bendungan Ir Djuanda, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mungkin tidak asing lagi untuk sebagian besar masyarakat di nusantara.

Bendung buatan yang luasnya hingga 8.300 hektare tersebut, sangat populer dengan keindahan dan kecantikan alamnya. Tidak heran, apabila musim liburan telah tiba, puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah sering berbondong-bondong mengunjungi lokasi itu.

Walaupun, banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menarik, kawasan Waduk Jatiluhur masih menjadi terfavorit. Sampai sekarang ini, Waduk Jatiluhur tetap mempunyai daya tarik tersendiri.

Selain panorama alam yang indah, traveler bisa merasakan sejuknya alam yang asri. Terlebih lagi, kanan dan kiri jalan menuju waduk menjulang pohon-pohon yang tinggi. Lalu, suasana lebih indah lagi dengan jalan yang menanjak dan berbelok-belok.

Waduk Jatiluhur ini dapat dikatakan serba guna. Sebab, selain berfungsi sebagai pembangkin listrik tenaga air (PLTA) dan kebutuhan air irigasi, lokasi ini pun sekarang menjadi objek wisata yang terkenal. Salah satu yang membedakan waduk ini dengan lokasi wisata lain, mungkin keindahan alamnya yang sangat asri.

Air danau yang berkilau sebab pantulan sinar matahari, menjadikan lokasi ini mempunyai daya tarik yang unik. Keindahan pun bertambah, seiring banyaknya pepohanan hijau yang menghiasi bibir pada waduk tersebut.

Wisatawan yang berkunjung pada lokasi wisata ini pun tidak hanya bakal disuguhi pemandangan yang sangat eksotis. Traveler juga dapat merasakan adrenalinnya yang terpacu ketika menaiki perahu tradisional ataupun speedboat yang dapat disewa untuk rekreasi.

 
Keywords : waduk indonesia,waduk jatiluhur,pesona jatiluhur,jatiluhur