Provinsi Riau mempunyai daftar wisata alam yang dapat dikunjungi dimulai dari taman nasional, air terjun, hingga pantai pasir putih yang sangat mempesona. Salah satu pantai cantik yang wajib dikunjungi ketika berada di Riau yaitu Pantai Rupat.
Pantai Rupat merupakan pantai yang memberikan pesona indah khas Riau. Bahkan kecantikannya tidak kalah dengan sederet pantai pasir putih yang ada di Bali. Pantai Rupat mempunyai garis pantai yang panjang yaitu sekitar 11 kilometer dengan lebar 30 meter apabila air sedang surut.
Pantai ini memiliki keindahan dan sensasi yang sangat luar biasa. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga kerap kali dijadikan tempat melakukan ritual adat mandi Shafar yang selalu dilakukan bertepatan ketika bulan Shafar.
Pantai ini berhadapan dengan Negara Malaysia. Bahkan masyarakatnya menggunakan bahasa dan logat khas Malaysia.
Pantai ini mempunyai pasir putih yang sangat bersih lembut. Pada hamparan pasir yang luas pada bibir pantai ini seringkali terlihat binatang kecil yang dikenal dengan ‘umang-umang’. Warna alaminya membuat pantai berwarna kemerahan. Hal inilah yang memikat wisatawan untuk menyambangi pesona pantai Rupat.
Ombak di pantai ini sangat bersahabat sehingga para pengunjung dapat bermain air bahkan mandi. Untuk yang mau menikmati pantai dibawah pohon, juga bisa.

 
Keywords : pantai riau,pantai rupat riau,jalan jalan riau,pantai indah di indonesia